ELEGAN DENGAN SENTUHAN EMAS

Butuh keberanian memang, untuk menampilkan warna emas yang cukup bold atau tajam di dalam suatu ruangan. Warna ini cukup identik dengan gaya Art Deco, gaya interior dari tahun 1920an dan populer kembali di tahun 1980an. Bagaimana agar tataan dekorasi nuansa emas nggak berlebihan dan terkesan norak? Coba cek beberapa ide penerapan warna emas hasil kompilasi kami berikut ini.

Warna emas ini bisa dibilang cukup fleksibel penggunaannya dan bisa ditemukan di berbagai gaya interior mulai dari yang glamor seperti Art Deco ataupun Neoklasik yang populer pada abad pertengahan. Cukup jauh ke belakang karena pada masa itu warna ini menjadi simbol kemakmuran dan interior didesain dengan mewah. Seiring waktu, gaya interior dengan penerapan warna emas berubah lebih sederhana sebagai aksen di dalam interior suatu ruang.

Sentuhan warna emas ini cukup mudah dipadupadankan dengan warna apapun, yang terang seperti putih maupun yang gelap sekalipun seperti hitam. Dengan sekelilingnya yang berwarnakan putih, aksen emas ini bisa memberikan kesan yang elegan dan cantik. Sedangkan untuk ruangan yang gelap, warna ini pun pastinya bisa menonjol dan menciptakan kesan mewah. Hitam, dark navy, olive green, merah marun sampai warna teracotta masih tampak serasi disambangkan dengan unsur logam metalik ini. Perpaduan yang kontras sempat kami temui sebelumnya di hunian tinggal Ineke Bajalaras yang menggabungkan elemen2 berwarnakan emas dengan koleksi benda yang mayoritas berwarna hitam. Nampak kontras dan menonjol di kamar tidur dan area kamar mandi.

Warna metalik memang bukan sesuatu yang diminati kebanyakan orang, terutama untuk diaplikasikan di dalam hunian tinggalnya. Mungkin takut hasilnya berlebihan atau nggak cocok jika dipadupadankan dengan furnitur lainnya. Mungkin setiap melihat aksesori rumah berwarna emas jadi teringat film The Great Gatsby yang cukup glamor itu? Sebenarnya kuncinya adalah di kadar pengaplikasian warna ini, sehingga masih bisa blend-in dengan kondisi di sekitarnya. Juga, jangan lupa untuk memperhatikan material-material furnitur di sekitarnya.

Beberapa material yang masih cocok untuk digabungkan dengan sentuhan emas ini bisa berupa unsur logam lainnya atau material kayu. Penggabungan dengan kayu masih bisa menciptakan kesan yang hangat namun tetap modern. Ruangan dengan aksen ini pun bisa dikatakan cocok digabungkan dalam interior bergayakan mid-century, skandinavia bahkan industrial.

Dekorasi nuansa gold yang bisa kamu aplikasikan di rumah bisa dibagi menjadi tiga kategori. Kamu bisa mengaplikasikan salah satu kategori saja jika menginginkan efek yang minimalis.

HOME FIXTURES
Penggunaan warna ini pada perlengkapan interior seperti pada keran air, lampu maupun sekecil gagang pintu sangatlah cocok untuk menciptakan aksen dalam ruang. Nggak mau menampilkan efek yang berlebihan, hanya sentuhan-sentuhan manis pada detil interior. Seperti yang kami temukan di salah satu proyek rumah tinggal karya Dendy Darman. Tidak hanya keran air, tetapi juga rumahan lampu berupa tiang gantung yang juga diberi finishing emas sehingga saat ruangan dilihat secara keseluruhan masih tampak serasi.

Untuk sentuhan pemanis lainnya, warna ini bisa diaplikasikan pada gagang pintu kabinet dan memberikan daya tarik bagi kabinet itu sendiri. Dengan warna atau permukaan kabinet yang terlihat datar, pemasangan gagang pintu berwarnakan emas bisa menambah efek visual yang lebih mendalam. Pilihan gagang ini bisa banyak ditemukan di Zara Home dan jika ingin lebih cost-efficient, pastinya bisa juga bereksperimen di rumah dengan mengecat gagang yang sudah kamu miliki. Do-it-yourself yang cukup simpel dengan menggunakan alat seperti cat semprot Pylox 123 Gold ataupun cat akrilik yang bisa kamu temukan di Artland.

HOME ACCESSORIES
Aksesori di sini bisa berupa berbagai macam dekorasi rumah yang ingin kamu tata di area kosong pada lantai, meja, kabinet maupun dinding rumah kamu. Ini juga merupakan salah satu cara untuk kamu yang ingin menerapkan aksen ini tapi tetap low-key dalam penggunaannya. Pada area lantai bisa kamu percantik dengan koleksi planters atau pot tanaman dari Linoluna dan ukurannya pun beragam. Pot berukuran kecil bisa kamu tata sebagai dekorasi meja dan kabinet seperti yang terlihat dalam ruang keluarga Carline Darjanto.

Dekorasi pada dinding bisa berupa pajangan bergambar yang sekarang ini banyak menggunakan material gold foil atau tinta berwarnakan emas. Beragam macam kutipan dapat kamu lihat dari katalog yang ditawarkan oleh Lumikasa. Kalau tidak menemukan gambar yang sesuai keinginan, masih ada alternatif penggunaan bingkai yang berlapiskan warna emas dari Serendipicky. Koleksi foto atau mementos bisa kamu pasang dalam bingkai tersebut atau juga digantung pada golden wireframe, yang merupakan salah satu produk dari Ke.tuk. Pajangan ini digunakan Diana Henry dalam area wardrobe untuk mempercantik area penyimpanan koleksi aksesorisnya, lengkap dengan foto-foto yang menginspirasinya.

HOME FURNITURE
This is where it gets a bit massive… Karena sifatnya yang mengisi suatu ruang, furnitur yang digunakan pun kemungkinan besar akan menjadi focal point atau pusat perhatian dalam ruangan tersebut. Tapi jangan khawatir, banyak desain furnitur yang mengaplikasikan warna ini pada bagian-bagian tertentu saja seperti kaki meja atau rangka kabinet yang sifatnya terbuka. Furnitur yang berlogam ini kebanyakan didesain secara ramping sehingga secara keseluruhan masih seimbang kadar penggunaannya.

Beberapa tips tambahan yang bisa kamu terapkan dalam penggunaan warna ini di rumah, diantaranya:

  • Pastikan tekstur dari finishing akhir produk-produk yang digunakan serasi supaya ruangan nggak terasa terlalu ramai dan bertabrakan antara satu sama lain. Finishing akhir dari material logam ini terdiri dari matte, satin, hairline dan juga hammered. Matte memiliki permukaan yang doff dan tidak reflektif, sebaliknya untuk satin. Hairline bersifat lebih mengkilap dari matte tapi terdapat tekstur goresan berbentuk garis-garis tipis. Untuk proses hammered, permukaan logam dipukul secara konsisten sampai membentuk tekstur yang mendelep ke dalam seperti permukaan bola golf.
  • Padu padankan dengan unsur metalik lainnya untuk menciptakan efek visual yang lebih harmonis di dalam ruangan tersebut. Selain itu, paduan dengan material berwarnakan rose gold, copper, brass ataupun silver bisa meredakan ketajaman warna yang ditimbulkan warna emas.
  • Tambahkan elemen natural atau hehijauan untuk mempercantik dan meredakan unsur metalik dari warna ini. Tanaman bisa menjadi pelengkap dan menghangatkan vas yang warnanya cukup menonjol ini. Material natural seperti tempat penyimpanan yang terbuat dari eceng gondok maupun rotan juga dapat menjadi pasangan yang tepat untuk menghangatkan efek logam yang tercipta.

 

Jadi, asalkan penggunaan warna emasnya dalam kadar yang tepat, kami rasa interior rumahmu bisa terlihat sleek dan sophisticated. Beberapa hunian tinggal yang kami sukai dalam penerapan warna ini seperti Shay Cochrane. Tetap terlihat cantik karena fungsi warna bersifat sebagai aksen saja dan unsur pendukung bagi furnitur-furnitur di sekitarnya. Kalau menurut kalian gimana, apakah warna ini pantas diaplikasikan di rumah? Share di comment box di bawah ini, ya… Untuk kalian yang menyukainya, semoga kamu nggak ragu lagi untuk mendekor rumahmu dengan warna ini!

 

Foto milik:

1. Feature Image
Sugar and Cloth

2. Ruang Keluarga, koleksi bantal, ruang makan dan ruang kerja
Lonny
Brit.co
Caitlin Wilson Design
Decoholic
HGTV

2. Dapur 
Dendy & Darman

3. Kamar mandi dengan gagang emas, ruang keluarga dengan rak rangka emas
Carline Darjanto

4. Tempat majalah dan meja samping
Zara Home

5. Aksesoris pada rak putih
Shay Cochrane

6. Rak terbuka dengan ketinggian sedang
SF Girl by Bay

 

 

 

 


Ibu satu anak yang suka mempercantik rumah. Sebelumnya bekerja sebagai desainer interior di IKEA. Sangat suka menulis dan menonton film yang realistis, dan penggemar berat karya-karya Woody Allen. Kamu bisa menyapa April lewat editorial (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER