READING

SALURKAN FURNITUR BEKAS DENGAN IKEA REMOVAL SERVIC...

SALURKAN FURNITUR BEKAS DENGAN IKEA REMOVAL SERVICE

Siapa yang suka make over ruangan? Duh, rasanya seneng banget kalo bisa mengubah tampilan ruangan, apalagi rumah sendiri. Misalnya sekarang, saya pengen banget bisa make over kamar Kira jadi lebih nyaman dan manis kayak foto inspirasi di artikel ini. Apalagi bulan depan Kira masuk SD, jadi sudah mulai ada kebutuhan baru di kamar seperti meja belajar. Tapi, kebutuhan dan keinginan make over dan mengganti furnitur selama ini lebih sering mengendap karena saya suka bingung bagaimana mengeluarkan barang/furnitur yang sudah ada. Untungnya, minggu ini saya udah dapat solusinya!

Ada nggak di antara kalian yang secara nggak sadar suka numpuk banyak barang di rumah? Mungkin awalnya ingin mempercantik interior rumah dengan furnitur baru? Atau memang butuh furnitur baru karena yang lama secara fungsi udah nggak memungkinkan lagi? Tapi karena nggak tau di mana bisa menyalurkan barang yang lama, akhirnya ya jadi menumpuk, deh. Gede-gede pula.  Mau diberikan ke orang lain pun bingung siapa yang mau mengambil.

Misalnya ya di rumah saya aja, nih. Saat pertama kali masuk tahun 2011, saya dan suami mendesain sendiri meja makan kami dengan modelnya tinggi berukuran compact. 2-3 tahun pertama  nggak ada masalah, sampai akhirnya Kira semakin besar dan rasanya udah nggak memungkinkan lagi deh kalau meja makan cuma secimit dengan model tinggi pula. Apalagi ternyata kebiasaan kami pun berubah. Dulu..dulu banget waktu anak belum lahir, kan cita-citanya di rumah punya ruang kerja sendiri jadi bisa memisahkan antara aktivitas dengan anak dan keluarga dengan bekerja. Eh, kenyataannya? Pas anak sudah mulai besar dan ada studio sendiri, rasanya lebih enak kalau di rumah saya bisa kerja di meja makan karena saya bisa sekalian mengawasi anak. Akhirnya kami memutuskan membeli meja makan baru yang mengakomodasi kebutuhan tersebut. Meja makan lama? Ngejogrok aja di teras belakang dari 2014 sampai..tahun ini. Buat teman-teman yang beraliran minimalis, tolong jangan hakimi saya, ya. Hahaha.

Satu lagi cerita tentang menumpuk furnitur. Kali ini drawer pakaian Kira. Kami membeli drawer ini awal 2012. Setelah dipakai lebih dari lima tahun, drawer ini mulai jebol. Awalnya sih hanya satu laci yang tak kuat menahan beban baju dan perlengkapan Kira yang tentunya semakin besar ukurannya. Lama-lama 2-3 laci lainnya juga ikut ambrol. Akhirnya saya curhat sama suami. Menurut saya Kira sudah butuh lemari baru yang bisa menampung perlengkapannya hingga minimal 5-6 tahun ke depan. Pokoknya, drawer yang sekarang sudah harus pensiun. Awalnya Baba alias Pak Suami sempat nggak setuju, karena sebenarnya kami ada rencana renovasi rumah dalam waktu dekat dan menurutnya lebih baik sekalian aja bikin lemari custom made pas Kira sudah punya kamar baru. Tapi ampun deh kondisi drawer Kira ini hampir nggak tertolong lagi. Jadi akhirnya kami pun tetap membeli lemari baru yang desainnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan jadi mudah-mudahan nanti kalau rumah sudah direnovasi lemari ini masih bisa dimaksimalkan.

Nah, lucunya pas masa tarik-ulur soal lemari ini, saya dapat info program Removal Service dari IKEA. Lewat program ini, IKEA akan menjemput furnitur kamu yang sudah tidak terpakai, apapun mereknya. Menariknya, IKEA bekerjasama dengan yayasan sosial akan mendaur barang tersebut agar bisa digunakan kembali dan mendonasikan biayanya untuk program sekolah anak-anak yang membutuhkan. Rasanya langsung…YES, bisa ganti lemari dan nggak numpuk barang gede di teras belakang lagi.

Akhirnya minggu lalu, saya mencoba sendiri nih layanan Removal Service untuk mendaur meja makan dan drawer yang sudah nggak terpakai itu. Untuk menggunakan layanan ini, kita harus datang ke IKEA dan langsung menemui co-worker IKEA di bagian showroom information yang tersebar di hampir semua section showroom IKEA Alam Sutera. Gampang kok, tinggal cari spot yang ada tanda huruf ‘i’-nya.

Setelah mendatangi spot Informasi, langsung bilang aja kalau kamu ingin menggunakan layanan Removal Service. Nanti akan diminta data dan tanggal pengambilan barang. Setelah itu, kamu akan mendapatkan formulir dan setelah diisi bisa langsung ke kasir serta membayar biaya sebesar Rp99.000.

Sehari atau dua hari sebelum pengambilan barang, saya dihubungi oleh pihak yayasan yang bekerjasama dengan IKEA, Yayasan Amal Khair Yasmin, untuk memastikan waktu pengambilan barang. Saat hari H tiba, proses pengambilan barang berlangsung cepat karena barang yang saya daur tidak butuh dibongkar. Kurang dari 10 menit, barang sudah diangkut ke truk. Namun jika barang yang ingin kamu daur itu berupa rakitan, pastikan sudah dibongkar ya agar proses pengambilan barang makin ringkas.

Setelah selesai, saya diberi tanda terima dan profil Yayasan Amal Khair Yasmin. Saya sempat ngobrol singkat dengan salah satu petugas yang mengurus daur barang ini, dan ternyata barang yang mereka ambil ini akan masuk ke Toko Barbeku (Barang Bekas Berkualitas) milik yayasan yang keuntungannya akan dialokasikan untuk membiayai pendidikan gratis berkualitas bagi anak-anak.

Dengan menggunakan layanan ini, barangmu yang sudah tidak terpakai jadi lebih berguna. Bahkan juga turut membantu menjaga lingkungan agar tidak tercemar dari limbah barang tersebut. Sebenarnya, layanan ini sudah lama diadakan oleh IKEA. Adakah yang sudah pernah pakai? Share di kolom komentar ya pengalaman #DaurBarang di rumahmu.

Tapiii kalau kamu belum pernah mencoba layanan Removal Service ini, Living Loving punya 5 free voucher Removal Service sebesar Rp100.000 dan 5 gift voucher dari IKEA sebesar Rp1.000.000 untuk 5 orang yang beruntung. Berikut cara mendapatkan voucher-nya:

  1. Upload multiple foto di Instagram post kamu. Foto pertama adalah wishlist barang dari IKEA (foto bisa kamu ambil dari website atau Instagram IKEA). Foto kedua adalah perabotan yang ingin kamu keluarkan dari rumah kamu.
  2. Ceritakan tentang alasan ingin mendaur barang tersebut. Sertakan tentang informasi bagaimana Removal Service IKEA bisa membantumu mendaur barang yang ada di rumah di dalam caption
  3. Upload ke instagram dan tag dan mention @ikea_id dan @livinglovingnet sertakan hashtag #IKEAxLIVINGLOVING #IKEAREMOVALSERVICE
  4. Giveaway ini hanya berlaku untuk yang berdomisili di Jabodetabek dan gift voucher hanya berlaku untuk pembelanjaan di toko IKEA.

 

Pastikan Instagram kamu tidak di-private ya. Kami tunggu foto dan ceritamu sampai 20 Juni. Nama pemenang akan diumumkan tanggal 22 Juni. Masing-masing pemenang akan mendapatkan 1 shopping voucher IKEA senilai Rp1.000.000 dan 1 removal service voucher IKEA senilai Rp100.000. Good luck!


Simple, functional, modern, in love with details. Nike menghabiskan masa kecilnya di Kepulauan Riau dan Sulawesi Tenggara, membuatnya merasa berbeda sejak kembali tinggal di Jakarta dan suka menikmati tempat baru. Mulai blogging sejak tahun 2000, bahkan ketika istilah blog belum ada. Ketertarikannya akan dunia media dan kreatif sudah ada sejak masih sekolah. Sebelum menjalankan Living Loving, Nike bekerja selama 7,5 tahun di industri media, kreatif dan digital. Kamu bisa melihat dan menyapanya juga di Instagram (@nikeprima) dan nike (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Athiah

    1 June

    wajin wajib wajib banget ikut giveaway ini 😍

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER