GIFT: BABY’S 1ST BIRTHDAY!

Entah untuk anak teman ataupun keponakan, mencari ide kado untuk ulang tahun anak usia 1 tahun itu memang sedikit tricky. Apalagi buat yang seumuran saya atau untuk yang belum pernah mengurus bayi, clueless! Belum lagi pasti ada beberapa peralatan yang sudah dimiliki sejak lahir dan masih bisa digunakan sampai batita. Jadi deh saya bertanya-tanya ke beberapa teman, juga ke Kak April kira-kira apa sih yang hadiah yang pas untuk anak umur setahun? Ini dia beberapa daftar aksesori, mainan, dan juga benda dekorasi yang bisa dijadikan hadiah untuk si satu tahun. Tidak hanya menggemaskan tetapi juga bermanfaat bagi pertumbuhan sang anak!

1. Set Baju Tidur
Selain karena motifnya yang lucu (banget), desain baju tidur ini pun bersifat unisex sehingga cocok untuk kebanyakan anak. Selain motif Terazzo, Linoluna juga memiliki pilihan set baju tidur bermotif tanaman kaktus.
Terrazzo Pyjamas Set, Lino Luna, Rp199.000

2. Kartu Alfabet
Flash card ini dapat membantu si kecil mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan. Warna dan ilustrasinya yang menggemaskan dijamin dapat menarik perhatian si kecil untuk belajar memahami kosa kata baru tentang lingkungan di sekitarnya. Jadi lebih senang kan jika hadiah yang kita berikan bisa ikut andil dalam perkembangannya menjadi lebih pintar?
Kartu Alfabet “Di Sekitarku”, Pop Your Store, Rp145.000

3. Bandana
Untuk anak perempuan, aksesori rambut merupakan pilihan hadiah yang praktis. Saya yakin, sang ibu pun doyan mendandani si kecil dan pasti nggak akan menolak kalau diberikan beberapa macam aksesori dengan gaya atau warna berbeda agar bisa ganti-ganti setiap kesempatan. Nah, salah satu aksesoris paling gemas yang saya temukan ya bandana dari Ohfjura ini.
Blooming Anemone Head Band, Ohfjura, Rp85.000

4. Interactive Book
Berisi 10 aktivitas yang menarik, buku dari brand lokal ini bisa banget memalingkan perhatian si kecil. Selain menyenangkan, buku ini akan membantu si kecil mengenal warna dan bentuk, membangun konsentrasi, melatih gerakan motorik halus, hingga mengembangkan kreatifitasnya. Buku ini pun ideal untuk mengajarkan anak meraba karena terbuat dari bahan kain Micro + Flanel yang 100% aman untuk anak.
Busy Book Volume 1, Fox and Bunny, Rp 225000

5. Baju Berenang
Baju berenang juga bisa jadi opsi hadiah ulang tahun untuk si kecil. Sekarang ini, desain dan kualitas baju renang buatan lokal sudah tak kalah dengan baju renang impor. Kalau kebetulan anak yang berulang tahun adalah perempuan, coba deh cek baju renang koleksi Lylou ini, gemesh!
Naveen – Cali Swim Wear, Lylou Swimwear, Rp289.000

6. Papan Mainan
Umur setahun biasanya rasa penasaran si kecil lagi tinggi-tingginya. Nggak perlu heran deh kalau ia suka memainkan apapun yang ada di depan mata. Tapi memang deg-degan kalau mereka mengutak-atik barang yang sebenarnya berbahaya seperti colokan listrik atau engsel pintu. Untuk mengakalinya, coba hadiahkan mereka Beezy Board yang punya beberapa fitur “mainan” tiruan seperti telepon, colokan listrik, selot pintu, dan lain sebagainya.
Single Board, Beezy Board, Rp650.000

7. Pengukur Tinggi
Baru saja bisa berdiri sendiri dan belajar melangkah, usia 1 tahun merupakan waktu yang tepat untuk mulai mengukur pertumbuhan si kecil. Dengan memberikan hadiah pengukur tinggi ini, sang ibu dapat mengetahui pertambahan tinggi anak beberapa tahun kedepan. Pengukur tinggi badan berdesain minimalis ini juga bisa menghias dinding kamar anak.
Height Ruler, The Alices Place, Rp280.000

8. Kursi Tinggi
Kursi tinggi sangat bermanfaat ketika si kecil makan ataupun sekedar duduk sejenak. Fitur kursi yang dapat diatur sesuai kebutuhan pertumbuhan anak juga memungkinkan kursi dapat digunakan hingga anak berusia 10 tahun. Hal ini dikarenakan kursi bersifat tahan lama dan dapat menahan beban hingga 60kg.
Sukusuku Plus Table, Yamatoya, Rp 1800000

9. Stacking Toys
Ragam warna dan aneka bentuk mainan merupakan media paling efektif dalam melatih motorik dan sensori si kecil. Selain belajar bagaimana dapat membedakan bentuk saat menumpuk setiap baloknya, si kecil pun bisa merangkai mainan tersebut sesuai dengan kreativitas dan imajinasinya sendiri.
Flower Shapes, Nixnox Shop, Rp105.000

10. Lampu Dekorasi
Dapat digunakan sebagai lampu tidur sekaligus pajangan dinding, suasana area bermain si kecil pun menjadi lebih playful dengan adanya lampu berbentuk awan ini.
Cloud Light, The Alices Place, Rp250000

11. Playroom Border
Jika orang yang mau kamu hadiahi itu adalah orang yang sangat dekat, ambilah momen ini untuk memberikan sebuah kado yang lebih istimewa dari biasanya. Kalau ia memiliki ruang yang cukup luas di dalam huniannya, Mushroom Playroom ini merupakan opsi yang dapat kamu pilih sebagai hadiah. Saat si kecil sudah aktif mengeksplorasi rumah dengan berjalan sendiri, area bermain ini pasti sangat membantu untuk menjaganya agar tetap aman saat sang ibu sedang melakukan aktivitas lain di rumah, misalnya beberes atau memasak.
Mushroom Playroom, Ibebe Indonesia, Rp1.200.000

 

Jika kita mau memberikan hadiah pada anak, ada baiknya kita mencari tau terlebih dahulu apa yang ia butuhkan dalam rangka pertumbuhan dan perkembangannya. Karena masa-masa awal pertumbuhan si kecil merupakan masa yang sangat krusial. Nah, jika kamu ingin coba mencari sendiri hadiahnya selain pilihan di atas, cobalah pilih sesuatu yang dapat merangsang motoriknya, dapat digunakan ketika ia belajar makan dan minum sendiri, atau sesuatu yang dapat membantunya menjadi lebih aktif. Walaupun begitu, perlu diingat kalau hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah keamanannya ya. Happy Hunting!

 

*Feature image milik The Alices Place
*semua foto produk lainnya milik brand terkait


Memiliki hobi menulis, Dina yg baru saja menyelesaikan pendidikan di bidang arsitektur interior ini membantu tim Living Loving dalam membuat konten dan event, termasuk membuat GIF untuk IG Story.

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER