DIY ESSENTIAL OIL LINEN SPRAY

As I’ve gotten older, I’m starting to notice that sleep doesn’t come easily anymore. Setelah lelah beraktivitas seharian dan berhadapan dengan kemacetan, biasanya saya mendadak menjadi fans berat tempat tidur. Tapi ketika sudah siap tidur, alih-alih beristirahat saya cek instagram dan media sosial lainnya (Ayo, saya udah ngaku dosa. Coba yang lain tunjuk tangan! Haha). Ujung-ujungnya saya jadi tidur larut deh. Ditambah lagi semakin bertambah usia, badan kita memang cenderung memperlambat produksi melatonin; yang merupakan hormon yang membantu mengatur siklus tidur kita.

Supaya nggak terjerumus dalam pola tidur yang tidak sehat, akhirnya saya mencoba untuk memberi perhatian lebih kepada sleep environment saya. Dimulai dengan rutin mengganti seprai, selimut dan sarung bantal, menjaga kebersihan kamar dan memastikan kamar saya clutter-free. Kemudian saya mencoba untuk menjadikan kamar sebagai zona “screen-free”. Oya satu lagi, saya juga menggunakan linen spray dengan fresh soothing scent yang sangat membantu saya untuk relaks.

Linen spray yang saya gunakan terbuat dari bahan alami, non-toxic dan punya aroma segar yang juga menenangkan. And the best part is it’s really easy to make! Yuk, coba bebikinan linen spray!

Oya, untuk linen spray ini saya menggunakan essential oil. Nah, satu hal yang perlu diketahui adalah: essential oil bersifat hydrophobic (tidak larut dalam air). Jadi itu kenapa kita perlu untuk mencampur essential oil dengan natural emulsifier terlebih dahulu sebelum mencampurkannya dengan air. Natural emulsifier yang akan kita gunakan adalah Witch Hazel, yang sangat mudah dan aman untuk digunakan.

Nah, ini nih kenapa saya dan semua yang ada di Living Loving sayang sama Organic Supply Co. Memudahkan banget ketika kita mau bikin produk berbahan alami. Semua bahan untuk Linen Spray ini bisa kamu dapatkan di website Organic Supply Co..

Sebelum mulai mencampur bahannya, pastikan kamu sudah mencuci bersih semua alat dan container yang akan digunakan ya. Kamu bisa mensterilkannya dengan air yang sudah dipanaskan di kompor/microwave atau bisa juga dengan alat khusus sterilisasi.

Alat & Bahan:

(untuk 100 ml)

 

 

Cara Pembuatan:

Tuangkan 30 ml witch hazel ke dalam mixing jar dan tambahkan marjoram oil sebanyak 15 tetes. Kemudian tutup mixing jar dan goyangkan jar secara perlahan selama 15-20 detik. Penambahan essential oil ke dalam witch hazel disesuaikan dengan kecepatan penguapan tiap minyak. Teteskan essential oil yang tingkat penguapannya lambat lalu lanjutkan sampai ke essential oil dengan kecepatan penguapan yang lebih tinggi. Essential oil yang masuk dalam kategori citrus biasanya cenderung menguap lebih cepat dibanding oil lainnya. Kamu bisa cek di link ini untuk tahu tingkatan penguapan tiap-tiap essential oil.

Buka tutup jar dan tambahkan lavender oil sebanyak 8 tetes. Tutup kembali dan goyangkan jar perlahan hingga semua bahan tercampur. Kemudian lanjutkan dengan memasukkan sweet orange oil sebanyak 7 tetes dan aduk merata.

Buka tutup jar, tuangkan air sebanyak 70 ml, lalu tutup dan goyangkan jar perlahan selama 15-20 detik.

Tuang campuran yang ada di mixing jar ke dalam botol, kemudian tutup rapat. Penggunaan botol kaca dengan warna gelap akan menjaga kandungan campuran agar tidak rusak akibat sinar UV.

Cetak, gunting dan tempelkan label (printable label bisa kamu unduh di sini: label) di permukaan botol. Kalau kamu menggunakan botol seukuran dengan yang saya gunakan, kamu bisa cetak dengan ukuran 100%. Tapi kalau kamu menggunakan botol yang lebih kecil, cetak label dengan ukuran 50% – 65%.

Taa-daa! Linen spray sudah siap kamu semprotkan ke seprai, selimut dan bantal kamu. Selain untuk kamar tidur, kamu juga bisa semprotkan ini ke karpet, handuk, dan sofa. Seneng banget kan kalau punya produk yang aman digunakan dan aman pula untuk lingkungan sekitar? Apa lagi ya yang bisa dibuat dengan natural ingredients… Kamu punya resep aroma linen spray favorit atau punya usul untuk DIY Natural Product yang bisa kami coba selanjutnya? Komen di bawah yaa! :)

*Sebelumnya kami sudah pernah membagikan beberapa resep DIY Natural Product juga, lho! Kamu bisa temukan resepnya di artikel Homekeeping: DIY Natural Cleaner dan Make Your Own Hand Wash. Untuk penggunaan diffuser ataupun rollerball kamu bisa cek di artikel Rest, Relax and Restore dan LLmoodmix: Blends to Diffuse Recipe.

 


Pecandu skin care dan es kopi (kebanyakan) susu. Fanny yang sedang menyelesaikan studi arsitektur interior menuangkan kecintaannya terhadap proses kreatif dengan membantu persiapan konten dan event Living Loving.

RELATED POST

COMMENTS ARE OFF THIS POST

INSTAGRAM
KNOW US BETTER