SIMPLE RECIPE: MANGO JAM

Untukku salah satu yang bikin senang tinggal di negara tropis itu tentu saja beraneka macamnya buah yang bisa mudah sekali ditemukan. Buah lokal ataupun impor, di supermarket besar, kecil, petani lokal, pasar, pedagang lokal bahkan sampai di online-shop. Pastinya juga dengan harga yang ramah di dompet. Kalau lagi musim, rasanya bisa legiiit banget dan harganya bisa bikin mood senang seharian, such a winner!

Menariknya dengan buah-buahan ini kita bisa bikin berbagai macam resep. Kali ini karena mangga lagi banyak di mana-mana (rasanya betul-betul setiap kali di perjalanan hampir selalu liat yang jualan mangga deh, hehe…). Nah, bikin selai mangga, yuk! Resepnya sederhana baget kok dan yang hanya butuh tiga bahan utama…

Sebetulnya sih, hampir semua jenis mangga yang sudah matang (tapi jangan terlalu matang sampai mengeluarkan alkohol ya…) dapat diolah menjadi selai. Namun yang harus diperhatikan itu aroma dan seratnya. Untuk yang aromanya lebih wangi bisa membuat selai lebih wangi juga (which is so gewd!) Sementara kalau seratnya, selain lebih sehat juga membuat tampilan selai lebih menarik.

Untuk wadah penyimpanannya, saya merekomendasikan penggunaan jar kaca yang transparan. Berhubung resep ini merupakan produk homemade yang nggak menggunakan pengawet sama sekali, kita harus bisa trust our sense. Dalam artian mencoba mengira-ngira apakah rasanya sudah berubah menjadi asam atau juga terlihat dari perubahan warnanya. Wadah transparan ini bisa berupa mason jar atau re-use jar yang sudah ada. Kesterilan wadah juga berpengaruh terhadap umur resep tersebut. Salah satu cara mensterilkan jar bisa dengan cara mendidihkan jar selama 10-20 menit, lalu dikeringkan.

Ada beberapa metode dalam pembuatan selai mangga ini. Ada yang suka dimasak dengan biji mangganya, karena biji mangga ini bisa memberi ekstra rasa dan aroma. Ada juga yang hanya pakai bagian dagingnya saja. Kalau memilih untuk masak pakai bijinya, simpelnya tinggal dimasukin ke dalam panci ketika direbus. Jangan lupa diambil sebelum ditempatkan ke dalam jar, ya…

Bahan
1. 3-5 mangga potong kecil atau bisa juga diblender sebentar (lamanya proses blender bisa mempengaruhi keadaan mangga).
2. Air perasan lemon.
3. Parutan kulit lemon (jangan sampai kena bagian putihnya).
4. Gula pasir atau gula kelapa. 
5. Garam laut.

Tambahan (optional)
Kayu manis/cengkeh/chia seeds.

Cara
1. Persiapkan jar yang sudah disterilisasi (material kaca lebih direkomendasikan).
2. Kupas dan potong mangga.
3. Panaskan panci di atas kompor dengan tingkat kepanasan medium, simpan pure mangga hasil blender atau mangga yang sudah dipotong kecil sambil ditekan-tekan hingga hancur.
4. Masukan air perasan lemon dan gula secukupnya sambil aduk perlahan selama 20-30 menit sampai tingkat kekentalan yang diinginkan. Perlu diingat disini, gula bukan berfungsi semata-mata untuk mempermanis rasa (karena kebanyakan mangga sudah ada rasa manis) tapi lebih sebagai untuk pengawet alami.

5. Masukkan ke jar yang sudah dipersiapkan, tunggu sampai dingin sebelum ditutup dan dimasukkan ke dalam kulkas atau bisa juga disimpan di suhu ruangan. Jauhkan dari sinar matahari langsung.
6. Jangan lupa untuk memberikan label produksi. Selai bisa bertahan sampai 1-2 bulan. Pastikan selai selalu diambil menggunakan alat makan yang bersih. Label bisa menggunakan label stiker putih maupun washi tape dengan motif yang berbeda-beda.

Yang paling saya sukai dari membuat makanan sendiri adalah kita mempunyai kendali terhadap apa yang kita konsumsi. Kita tau betul komposisinya apa dan juga bisa mengatur konsistensi kekentalannya hanya dengan mengatur waktu merebusnya. Resep yang dibuat kali ini merupakan versi yang paling sederhana. Jadi nanti kalau mau ditambahkan ini-itu sesuai selera, tentu bisa banget! Dan jangan lupa dibagi juga dong dengan mention @livinglovingnet + #LLrecipe. Hihihi.

Kalau suka dengan citarasa rempah bisa lho menambahkan kayu manis, cengkeh atau star anise. Kalau mau lebih sehat, bisa juga ditambah superfood seperti chia seeds setelah agak dingin. Aduk sebentar. Baru deh dimasukkan ke dalam jar. Oya, Selai mangga ini selain bisa dimakan bersama roti, juga bisa jadi isian nastar, topping es krim atau panekuk. Oya, bisa dijadikan minuman atau pemanis jus sayur. Enjoy this simple recipe!

 

Ilustrasi oleh Puty Puar. 28 tahun. Mantan penjaga sumur pengeboran, ilustrator, dan penulis lepas yang juga merintis label ‘Fat Bunny’. Ibu satu anak. Penyuka makanan dengan saos kacang. Blognya bisa diakses di byputy.com.


Si ibu rapi yang selalu punya cara untuk menjaga rumahnya tetap terorganisir. Atit berbagi ide dan inspirasi penataan di rubrik Organizing Series, juga resep simpel dan tips Homekeeping.

RELATED POST

  1. Nurul Rahma

    29 January

    Enaaakkk banget! Thanks for sharing ya

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER