READING

SIMPLE RECIPE: HONEY MUSTARD & JAPANESE SALAD...

SIMPLE RECIPE: HONEY MUSTARD & JAPANESE SALAD DRESSING

Adakah yang suka membuat resolusi di tahun baru? Kalau saya sendiri, waktu pertama pindah ke Jakarta, saya sempet punya goal kecil untuk memperbanyak makan sayur. Biar lebih semangat, saya berkreasi bikin saus salad favorit yang bikin tambah semangat makan sayur segar.

Sebenarnya saya bukan termasuk hal yang suka membuat resolusi di awal tahun. Dan kadang merasa punya resolusi untuk makan sayur itu mungkin terdengar sepele ya? Tapi keuntungannya banyak banget ternyata! Kalau dijabarin, alasan yang mendasari dulu saya malas makan sayur mungkin karena malas menyiapkannya kalau mau masak. Sekarang ini solusinya untuk saya adalah nerapin food preparation. Alasan kedua adalah karena mungkin makan sayur identik dengan rasa yang hambar sementara lidah kita kan punya tendensi untuk makan makanan yang lebih “rame” rasanya yaa, hehehe…

Buat saya yang pada masa itu ingin memperbanyak makan sayur tapi tetap ingin prosesnya cepat, gampang dan dapat hiburan lidah, bikin stok salad dressing adalah salah satu jawabannya. Dari banyaknya resep yang bertebaran di internet, ada satu tipe yang sudah saya modif sedemikian rupa dan sering banget dibikin di rumah. Honey mustard dressing ini cocok sama selera suami saya yang cenderung suka rasa manis dan saya yang suka creamy refreshing feeling. Selain itu buat kami berdua ini semacam saus salad serbaguna.

Dari resep dasar yang saya tulis di bawah, bisa juga di-upgrade jadi dressing bergaya Jepang yang tentu bisa dipakai sebagai dressing salad sayur, salad buah, cocolan sayur kukusan sampe pengganti bumbu gado-gado kalau di rumah lagi keabisan kacang-kacangan. Untuk menjawab pertanyaan kira-kira sayur, buah atau bahan apa saja yang cocok dengan saus ini, sebetulnya sih semuanya bisa masuk. Tapi, mungkin bisa dijawab lebih jelas dengan ilustrasi Puty Puar di bawah ini untuk jenis sayuran, buah dan lain-lain.

Pastikan semua sayuran dan buah-buahan yang kalian pakai sudah dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu, langsung deh potong-potong ukuran bite-size.

HONEY MUSTARD
BAHAN
½ cup plain yogurt (yogurt apapun bisa, tapi favorit saya adalah greek yogurt.)
¼ cup extra virgin olive oil
⅛ cup dijon mustard
2-4 sendok makan madu
2-4 perasan lemon (bisa juga diganti dengan white atau apple cider vinegar)
Garam dan merica hitam secukupnya, takaran sesuai selera masing-masing.

CARA MEMBUAT
1. Siapkan jar atau botol kaca yang sudah dibersihkan dan disteril.
2. Masukkan semua bahan ke dalam jar, tutup dan kocok sampai tercampur semua.
3. Kalau dressing dirasa terlalu asam, tambahkan madu sedikit demi sedikit sambil dicicip.
4. Kalau tekstur dressing terlalu kental, bisa tambahkan olive oil sampai teksturnya nggak terlalu cair.
5. Sisa dressing bisa disimpan di tempat yang tertutup dalam kulkas selama 2-3 minggu.

JAPANESE DRESSING
BAHAN
Bahan dasarnya adalah Honey Mustard Dressing yang sudah jadi, kemudian tambahkan bahan-bahan berikut.

¼ sendok teh soy sauce
¼ sendok teh minyak wijen
taburkan aonori
taburkan toasted white dan black sesame

CARA MEMBUAT:
Masukkan semua bahan tambahan ke dalam jar Honey Mustard Dressing. Aduk sampai rata.

Untuk setiap jar yang kamu pakai, bisa diberikan label supaya nggak lupa sama tipe dressingnya! Sama kayak saya yang selalu menyesuaikan resep dengan kondisi rumah dan kebutuhan orang yang makan, kalian juga boleh banget kalau mau ngulik dan ubah-ubah resep ini untuk disesuaikan dengan selera masing-masing. Semoga kegiatan makan sayur bisa lebih menyenangkan dan membahagiakan, ya!

*Ilustrasi oleh Puty Puar. 28 tahun. Mantan penjaga sumur pengeboran, ilustrator, dan penulis lepas yang juga merintis label ‘Fat Bunny’. Ibu satu anak. Penyuka makanan dengan saos kacang. Blognya bisa diakses di byputy.com.


Si ibu rapi yang selalu punya cara untuk menjaga rumahnya tetap terorganisir. Atit berbagi ide dan inspirasi penataan di rubrik Organizing Series, juga resep simpel dan tips Homekeeping.

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER