READING

HOMEWORK RESCUE WITH HP INDONESIA

HOMEWORK RESCUE WITH HP INDONESIA

Sebagai orang tua, kami selalu berusaha meluangkan waktu berkualitas bersama anak di sela aktivitas harian lainnya. Salah satu aktivitas yang biasa kami lakukan itu bebikinan. Soalnya selain bisa dilakukan di rumah, juga bisa jadi sarana edukasi buat anak. Misalnya waktu saya mengajak Bya membuat boneka kertas dengan baju motif batik, kreativitasnya pun terasah dan saya bisa mengajak dia mencari tahu tentang apa sih batik itu.

Tapi biasanya kalau udah denger kata bebikinan, suka banyak orang tua yang udah merasa terintimidasi dulu soalnya merasa dirinya nggak kreatif. Padahal, bebikinan itu nggak harus ribet atau membutuhkan kreativitas yang luar biasa. Itu kenapa, kami senang sekali bisa bekerjama dengan HP Indonesia lewat media gathering campaign mereka, #ReinventLearning, yang bertujuan mengajak para orang tua untuk ikut berperan dalam kegiatan belajar mengajar si kecil.

Di acara ini, Living Loving mendapat kesempatan mengisi ide aktivitas bersama anak yang merupakan bagian dari program HP Homework Rescue. Mas Fajar Hariyanto, Print Marketing HP Indonesia menjelaskan, HP Homework Rescue ini adalah sebuah kampanye yang mendorong anak-anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah (PR) menggunakan printer HP DeskJet Ink Advantage.

Di awal acara, Mas Fajar menerangkan tentang fitur-fitur printer HP yang bisa dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan rumah anak-anak. Selain menggunakan kartrid hemat biaya untuk kebutuhan cetak rumahan, HP juga memiliki HP Smart App, aplikasi yang memungkinkan untuk mencetak gambar langsung dari smart phone. Berbekal aplikasi ini, printer HP DeskJet Ink Advantage mencetak, memindai, menyetel, bahkan membeli tinta, semua dapat dilakukan melalui perangkat mobile. Nike juga sempat menjajal mencetak langsung foto dari smartphone. Karena pakai fitur Direct WiFi, jadi nggak perlu colok kabel lagi, foto dari hp bisa langsung dicetak deh.

Sesi kedua adalah diskusi seputar pentingnya peran orang tua dalam edukasi dan tumbuh kembang anak. Psikolog Anak, Ajeng Raviando, menjelaskan tentang pola asuh positif yang dapat mendukung pendidikan si kecil. Salah satunya adalah dengan menyediakan waktu berkualitas dengan anak, misal menemani mereka mengerjakan PR. Eits, bukan membantu mengerjakan tugasnya lho, tapi lebih ke menciptakan suasanya yang kondusif dan menyenangkan supaya anak bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Mba Ajeng juga mengenalkan cara untuk membuat kegiatan belajar jadi lebih menyenangkan yang ia sebut dengan 5F: Focus, Fast, Flexible, Friendly and Fun. Poin-poin inilah yang menjadi dasar HP Indonesia memperkenalkan HP Homework Rescue. Melalui hasil cetak HP yang terjangkau dan berkualitas tinggi, HP ingin membantu para orang tua dan anak-anak menyelesaikan tugas sehari-hari seperti tugas sekolah, sekaligus mendorong kreativitas si kecil untuk bersinar lewat proyek arts and crafts yang seru dan menyenangkan.

Rasanya kurang lengkap yah kalau hanya mendengar penjelasan tapi tidak mencoba sendiri? Itu kenapa HP dan Living Loving berkolaborasi menyiapkan sesi mini workshop di acara ini. Kami menyiapkan HP Homework Rescue Kit berisi peralatan prakarya. Karena tujuannya adalah berkreasi bersama anak, jadi prakarya yang kami siapkan adalah yang sederhana dan mudah dikerjakan. Ada tiga project yang kami siapkan dalam kotak ini: Pembatas Buku, Tabel Perkalian, dan Wadah Alat Tulis. Selain memanfaatkan printables hasil kolaborasi HP dan Disney, kami juga menyiapkan peralatan lain seperti gunting, lem, double tape, washi tape, spidol, benang warna-warni, juga satu chocolate chip cookies untuk teman nyemil saat belajar.

Proyek yang pertama dikerjakan adalah pembatas buku. Teman-teman media kami ajak membuat pembatas buku dari karton bermotif yang ditempeli gambar Belle dari Beauty and The Beast. Saya lalu mencontohkan cara membuat tassel atau gantungan sederhana untuk menghias pembatas buku yang sudah dibuat.

Kreasi kedua adalah membuat tabel perkalian. Ingat nggak waktu jaman SD kita menghapal tabel perkalian untuk pelajaran Matematika? Nah, kami terpikir untuk menghias tabel perkalian ini dengan washi tape dan spidol agar lebih menarik bagi si kecil.

Karena waktu yang terbatas, proyek ketiga yaitu wadah alat tulis dari kaleng yang dihias dengan grafis Lion King dan renda baso kami serahkan pada peserta untuk dibuat sendiri di rumah. Cara membuat setiap karya sudah kami tuliskan di kemasan masing-masing kit. jadi kalau mau dipraktekkan di rumah ya tinggal cetak printables yang ada dengan printer HP lalu langsung bebas berkreasi, deh.

Kamu juga mau mencoba bebikinan bersama si kecil? Yuk, unduh tiga printables Disney yang kami pakai di situs MyPrintly. Kamu juga bisa unduh ide dan inspirasi lainnya di HP Homework Rescue. Selamat berkreasi, ya! Terima kasih HP Indonesia!


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER