MOM CAN WORK AND KIDS CAN PLAY

Waktu dulu Kira masih belum sekolah, saya mengalami banget pontang-pantingnya berbagi waktu antara menjadi Ibu, Istri, anak dan bekerja. Rumah di Bintaro, trus ngantornya di daerah Cipete yang jaraknya sekitar 15km dari rumah. Rata-rata waktu saya habis di jalan berkejaran dengan waktu. Pas kerja, kepikiran anak. Pengennya bisa kerja tapi anak ada di dekat kita, tapi kerjaan beres. Pas sama anak, kepikiran kerja. Pas bisa kerja dari rumah, nggak bisa konsen ada yang “posesif” sama kita. Trus, pengennya apa? Pengennya anak dekat sama kita tapi kerjaan juga beres. Ya, kan?

Saat ini, di sekitar saya nggak sedikit ibu yang mutusin buat bekerja dari rumah, mungkin mengembangkan sebuah bisnis rumahan atau pekerjaan bersifat remote yang bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan rumah. Saya sendiri pernah melalui semuanya. Nah, tapi kadang ternyata bisa overwhelming juga pas kita kerja di rumah, anak nemplok terus dan ajak main seharian. Akhirnya semua yang direncanakan walaupun sudah di-list dengan rapi belum tentu tercapai dengan baik. Well oh well, mencoba lebih legowo aja ya! It’s not the end of the world, nobody is rushing you but you… *wink

Nah, tapi sekarang dengan banyaknya kafe dan kedai kopi bertebaran, tempat-tempat itu bisa jadi alternatif yang menyenangkan untuk punya sedikit me-time di luar rumah. Tapi kalo dipikir-pikir, lama-lama terasa boros juga sih kalo harus kerja di kafe terus. Belum lagi kalo di kafe tuh kita nggak bisa mengontrol suasananya bakal kondusif apa nggak. Kadang ya tenang karena KEBETULAN isinya orang yang sibuk depan laptop juga. Kadang yaa..sulit konsentrasi karena pengunjung lain ke kafe untuk ngobrol, atau arisan. Hahaha. Akhirnya saya dan beberapa teman yang juga suka bekerja di kafe tuh suka bertukar info kafe yang tenang di sekitar Bintaro.

Nah, beberapa waktu lalu kami disapa oleh Audira, founder dari Workplay yang berlokasi di Bintaro. Duh, rasanya langsung dapat jawaban untuk masalah selama ini. Workplay adalah  co-working space yang nggak hanya menyediakan area kerja tapi juga lengkap dengan area main anak.

Buat para ibu pasti tau banget yang namanya perasaan tenang saat anak kita bisa berada di dalam lokasi yang sama dengan kita. Lalu yang jagain anaknya saat kita kerja siapa, dong? Nah, tim Workplay itu terdiri dari pengasuh anak yang bisa menjaga sang anak selama kita bekerja. Makin tenang kan rasanya… Apalagi untuk para ibu yang mengasuh anaknya sendiri tanpa bantuan asisten.

Persis dengan kondisi Audira, founder dari Workplay, yang nggak pernah punya asisten rumah tangga. Keputusan membuat fasilitas seperti ini memang berawal dari keinginannya untuk bekerja tapi sebisa mungkin anaknya selalu di dalam pandangannya.

Pertama masuk ke dalam Workplay, kami langsung disambut dengan area main anak yang mengisi keseluruhan lantai satu bangunan ini. Adanya pagar yang membatasi area main dengan area penerimaan tamu, memperlihatkan perhatian mereka terhadap detil supaya anak yang sedang bermain di dalamnya nggak terdistraksi untuk keluar dari area mainnya. Pilihan mainan juga cukup banyak dan terdapat beberapa media sensorik seperti dinding yang diberi permainan tekstur dan warna. Areanya yang luas jadi kesempatan bagi anak-anak untuk bergerak secara bebas dan sepuasnya.

Nursing room juga disediakan lengkap dengan changing table dan kursi menyusui. Benar-benar apa yang dibutuhkan seorang ibu dalam beraktivitas dengan anaknya bisa ditemukan dan nggak perlu pusing menyulap sudut ruangan menjadi area menyusui dadakan, hehe..

Para ibu yang ingin fokus bekerja, diarahkan untuk menuju ke lantai dua, yang merupakan area kerja pada bangunan tersebut. Nggak melupakan elemen interior yang dibutuhkan, Audira memastikan bahwa pintu geser dan dinding yang menutupi area tangga tersebut kedap suara. Dengan suara anak-anak yang keras di lantai bawah, berhasil untuk diatasi dengan pemilihan material dinding yang baik.

Masuk ke lantai dua, tiba-tiba kita merasa lebih girly dengan sentuhan warna pink di setiap sudut ruang ini. Mulai dari area duduk yang seringkali jadi spot foto, soft furnishing seperti aksesoris bantal, art print, sampai ke aplikasi warna pada dinding. Semuanya masih terasa lega dengan penggunaan furnitur secukupnya dan paduan warna yang mendukung satu sama lain. Pengunjung juga bisa bebas memilih area kerja yang diinginkan, termasuk area duduk di samping jendela dengan meja laptop lipat yang disediakan.

Kalau mulai haus atau mau buat cemilan-cemilan instan, ruangan ini juga dilengkapi pantry kecil. Lengkap dengan microwave, kamu juga bisa tinggal hangatkan bekal yang dibawa dari rumah untuk makan siangmu dan juga anakmu. Kalau lupa bawa pun, ada varian snack dan minuman anak yang bisa kamu pilih dari ‘kantin’ kecil di lantai satu.

Untuk area kerja di lantai dua ini menggunakan sistem open-plan layout, jadi nggak ada sekat di antara area kerja. Mau itu di nook (area duduk samping jendela), meja kerja perseorangan atau meja kerja memanjang, semuanya bisa melihat satu sama lain tanpa adanya sekat dinding yang tinggi.

Tapi kalau kamu cari ruangan tertutup untuk kerja berkelompok, ruangan-ruangan meeting juga tersedia di lantai ketiga bangunan ini. Ada tiga ruangan meeting dengan susunan isi ruang yang identik, dilengkapi meja dengan kapasitas 6 orang dan papan tulis untuk mencatat hasil diskusi.

Berseberangan dengan ruangan-ruangan itu juga, ada satu ruangan yang lebih besar untuk kegiatan gathering yang suka diadakan Workplay secara berkala. Rasanya jadi lebih dinamis dengan adanya berbagai workshop dan gathering berkaitan dengan motherhood, parenting atau juga kegiatan-kegiatan bebikinan bareng. Dengan mengundang pembicara atau tutor yang berbeda-beda, peserta juga nggak bosan dengan varian event yang ditawarkan. Harganya terjangkau dan pastinya bisa kenalan dengan lebih banyak ibu lainnya…

Jadiii, untuk kalian yang tinggal di Bintaro Jaya atau lagi mencari tempat kerja yang kondusif tanpa meninggalkan anak di rumah, Workplay bisa jadi pilihan yang tepat untuk bekerja dalam waktu singkat. Karena sebenarnya kadang yang dibutuhkan hanya fokus sebentar supaya semua kerjaan beres dengan cepat, hehe… Semua informasi yang kamu butuhkan seputar lokasi, pricelist dan fasilitas yang mereka miliki bisa dilihat pada www.workplay.id dan juga akun instagram @workplayid. We hope this information helps you and feel free to share it with your dear friends!

Workplay
Ruko Kebayoran Square Blok C-18
Jalan Boulevard Bintaro Jaya
Tangerang Selatan, 15227
(021) 22214725

Jam buka:
Senin – Jumat
09.00 – 16.00


RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER