SAY IT WITH INSTAX

Pernah nggak sih menyiapkan kado untuk teman tapi susah nemuin kartu ucapan yang cocok? Kalau kamu punya Instax di rumah, coba deh manfaatkan hasil foto Instax sebagai pengganti kartu ucapan atau gift tag.

Waktu masih sekolah dulu, saya punya kebiasaan bikin kartu ucapan sendiri kalau ada teman yang berulang tahun. Mulai dari yang bentuknya sederhana sekali sampai yang agak rumit. Pernah pas lagi super niat bisa bikin yang 3D bentuk komidi putar. Hehehe… Waktu itu sih selain memang suka bebikinan, saya juga merasa kalau hadiah yang dipersonalisasi itu jadi lebih spesial. Kartu ucapan buatan sendiri terasa istimewa daripada membeli kartu ucapan yang sudah jadi.

Tapi makin ke sini makin jarang bikin kartu ucapan buatan tangan yang terlalu rumit. Biasanya cuma bikin yang simpel saja pakai kertas dan cat air. Nah, sejak di kantor ada kameraΒ Instax SQ 10, jadi kepikiran kalau foto Instax itu selain untuk dipajang bisa juga buat menggantikan kartu ucapan pas mau ngasih kado. Nggak pakai ribet dan nggak harus crafty, tapi tetap ada sentuhan personalnya. Yang perlu kalian siapkan hanya kertas kado, benang katun atau pita, washi tape, dan kamera Instax. Begini caranya:

  1. Bungkus kado dengan rapi. Kalau hadiah yang ingin diberikan tidak berbentuk kotak, kamu bisa memasukkannya ke dalam boks terlebih dahulu atau menggunakan bungkus kado bentuk kantung. Sedikit saran, untuk kertas kado mungkin bisa dipilih yang polos atau motifnya sederhana agar foto Instaxnya lebih stand out. Kami pakai kertas kado yang kami cetak sendiri.
  2. Siapkan foto Instax atau potret objek yang mewakili karakter si penerima hadiah. Enaknya pakai Instax SQ 10 ini, nggak perlu takut kepencet lalu menghasilkan foto blur. Karena kita bisa review dulu hasil jepretan kita setelah dicapture. Kalau belum sreg, bisa kita foto ulang. Foto yang sudah kamu ambil bisa disimpan dalam memori internal dan dicetak kapan saja. Selain itu, foto yang diambil bisa kita edit dulu terang-gelapnya, bisa juga menambahkan filter warna. Setelah itu, tinggal pilih opsi cetak. Gampang banget, kan?
  3. Tempelkan foto Instax ke bagian atas atau bagian depan bungkusan kado. Gunakan washi tape dalam warna senada dengan bungkus kado agar terlihat lebih manis. Tuliskan pesan atau ucapanmu di bagian bawah Instax. Kalau ucapannya agak panjang, kamu bisa menulisnya di bagian belakang.
  4. Siapkan tali twine. Karena sedang tidak punya stok twine, kami melilitkan 2 warna benang katun untuk menghasilkan tampilan serupa. Alternatifnya, kamu juga bisa pakai pita biasa. Lilitkan tali mengelilingi kado, lalu buat simpul di bagian dekat foto Instax. Selesai deh!

Instax SQ 10 ini hasil fotonya berbentuk bujursangkar ukuran 86x72mm. Saat ini baru tersedia dalam warna hitam dan putih. Begitupun dengan isi filmnya baru tersedia dalam warna putih saja. Kamera Instax ini cocok buat kamu yang ingin punya kendali lebih untuk mengatur tampilan foto layaknya kamera digital, tapi tetap mendapatkan hasil foto secara instan. Tapi kalau kamu memilih ingin hasil foto yang lebih spontan dan film dengan frame yang lebih playful, kamu bisa cek varian Instax Mini. Pilihan mini filmnya beragam mulai dari yang polos, ombre, motif stripes, sampai gambar tokoh kartun favorit. Coba cek situs Instax Indonesia untuk info lebih lengkap.


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. ide bagus mba, daripada sekedar dipajang. :D

So, what do you think?

INSTAGRAM
KNOW US BETTER