TETAP SEGAR SETELAH BERAKTIVITAS

Gerakan yoga sederhana bisa membantu mengurangi ketegangan otot setelah bekerja. Cuma perlu waktu sekitar 15 menit, jadi bisa banget dilakukan di sela-sela kesibukan sehari-hari.

Aktivitas sehari-hari di studio Living Loving biasanya diisi dengan kerja di depan komputer, foto untuk artikel di website, atau diskusi soal editan video dan persiapan konten untuk media sosial. Kalau sedang tidak shooting atau meeting di luar kantor seringnya memang kami berkutat di meja kerja komunal di tengah studio. Tapi kadang pegal-pegal juga ya badan kalau kelamaan duduk.

Nah, waktu kemarin saya datang ke acara launching minuman Ion Water, di awal acara ada seorang instruktur yoga yang berbagi tips gerakan yoga yang mudah dipraktekkan untuk di kantor. Selain untuk relaksasi, office yoga ini juga sekaligus bisa mengurangi penat. Nggak perlu alat apa-apa, cukup kursi bersandaran saja.  Ini beberapa gerakan yang saya ingat…

Gerakan yoga ini diawali dengan sesi pernapasan sekitar 5 menit. Kami diajak untuk memejamkan mata sambal mengatur pernapasan. Pertama-tama mengambil napas panjang dari hidung, lalu dihembuskan perlahan lewat hidung. Setelah itu mencoba ambil napas panjang lewat mulut, lalu dihembuskan perlahan lewat mulut. Lalu berlanjut mengambil napas panjang lewat hidung, lalu dihembuskan lewat mulut. Masing-masing dilakukan sekitar 5 kali. Sekilas terdengar simple ya, hanya ambil napas saja. Tapi rasanya jadi lebih rileks loh.

Gerakan berikutnya adalah peregangan bagian lengan dengan cara memelintir kedua tangan di depan dada. Setelah itu diangkat perlahan ke atas setinggi mungkin Tahan beberapa detik, lalu ulangi dengan memelintir tangan ke arah sebaliknya. Selain tangan, berasa sekali peregangan di bagian bahu.

Setelah itu dilanjutkan dengan peregangan untuk bagian kaki dan punggung. Gerakan pertama adalah menumpangkan salah satu pergelangan kaki di atas lutut kaki sebelahnya. Lalu pegang bagian lutut kaki yang ditumpangkan dan tekan perlahan ke arah bawah. Tahan 10 hitungan. Kembali menghadap depan, lalu turunkan kedua tangan ke bawah sambal pelan-pelan membungkuk. Kalau bisa, usahakan jari mendekati lantai, tapi kalau tidak bisa jangan dipaksakan.

Gerakan terakhir adalah menyilangkan kaki, lalu putar badan ke samping namun pertahankan agar kaki tetap menghadap depan, tangan berpegangan pada bagian sandaran kursi. Tahan sekitar 10 hitungan, lalu ulangi pada sisi sebaliknya. Ini gerakan favorit saya karena langsung berasa banget peregangan di bagian punggung.

Nggak susah, kan? Tapi lumayan banget berasa cape apalagi kalau termasuk orang yang jarang berolahraga…hehe.. Nah, setelah olahraga ringan ini, sebaiknya kita minum untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Jadi sebenarnya cairan tubuh hilang itu bukan cuma kalau olahraga serius atau aktivitas fisik yang berat saja, lho. Cairan tubuh kita tetap berkurang walau kita “cuma” bekerja di depan komputer atau berolahraga ringan.

Tubuh kita mengandung cairan yang terdiri dari air dan ion yang dapat membantu sel tubuh untuk beregenerasi. Itulah mengapa penting bagi kita untuk mengganti cairan tubuh yang keluar agar fungsi metabolisme tubuh tetap terjaga. Tapi bukan berarti segala macam minuman bisa efektif mengganti cairan tubuh. Misalnya kalau minumannya tinggi gula, bisa-bisa nambah deh kalori yang masuk ke badan kita. Di Indonesia sendiri, ternyata frekuensi konsumsi makanan atau minuman manis lebih dari 1 kali sehari secara nasional adalah sebesar 53.1% (Data Riset Kesehatan Dasar Kementrian Kesehatan RI, 2013)

Kemarin, setelah yoga, kami sekalian deh mencicipi Ion Water. Ion Water adalah minuman ion rendah kalori yang cocok untuk mengembalikan cairan dan ion tubuh yang hilang, tapi tetap terjaga asupan kalorinya. Ion Water diproduksi oleh PT Amerta Indah Otsuka, produsen Pocari Sweat. Trus apa dong bedanya Ion Water sama Pocari Sweat? Nah, setelah saya nyobain langsung, Ion Water ini rasanya memang sedikit lebih ringan dan tidak semanis Pocari Sweat. Kandungan kalorinya juga lebih rendah, cocok untuk mengembalikan cairan tubuh usai beraktivitas ringan.

Satu botol Ion Water ukuran 250ml memiliki kandungan kalori sebanyak 35 kkal. Komposisi ion dalam Ion Water mirip dengan komposisi cairan tubuh, diantaranya adalah : Natrium, Kalium, Kalsium, Magnesium, Klorida, Sitrat, dan Laktat. Komposisi ini mudah diserap oleh tubuh dan dapat mengembalikan cairan serta ion tubuh dengan optimal. Selain itu, Ion Water juga tidak mengandung pemanis buatan dan pengawet sehingga aman di konsumsi.

Setelah mengurangi penat dengan yoga sederhana dan mengembalikan cairan tubuh, badan pun terasa lebih ringan dan pikiran jadi lebih mudah fokus, siap kembali bekerja lagi, deh!

 


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER