READING

BELAJAR BRANDING DAN PERSONALIZATION UNTUK BISNIS ...

BELAJAR BRANDING DAN PERSONALIZATION UNTUK BISNIS KECIL DAN MENENGAH

Living Loving dan HP Indonesia mengajak pelaku usaha kecil dan menengah mengeksplorasi printer HP Smart Tank 515 untuk mendesain kemasan produk yang menarik dengan sentuhan personal untuk customer

Siapa yang pernah membeli barang karena kemasannya gemes? *tunjuk tangan sendiri ;D Kemasan sebuah produk, baik desain maupun informasi pada label, memang berperan penting dalam menentukan kesan pertama sebuah brand pada calon konsumen. Itulah mengapa setiap orang yang berniat memulai usaha dari rumah sebaiknya mencari tahu sedikit tentang branding dan bagaimana memanfaatkannya untuk membangun customer engagement. Tak perlu pusing, bisa banget kok dimulai dengan memanfaatkan printer di rumah.

Branding adalah konsep pemasaran yang membangun entitas sebuah brand, termasuk warna, jenis tulisan, simbol, dan lain sebagainya. Terkait topik ini, HP Indonesia kembali mengajak Living Loving mengadakan HP Printer Workshop dengan tema “Delivering Your Brand Values to Customer through personalization”. Selain sebagai bentuk dukungan dari HP Indonesia kepada usaha kecil dan menengah di Indonesia, acara ini juga sekaligus memperkenalkan produk printer terbaru HP yaitu HP Smart Tank 515 Wireless All-in-One.

Sebelum kami menceritakan event Rabu, 6 November 2019 lalu, kami akan membahas kelebihan si printer baru ini. Kenapa sih kamu khususnya pelaku bisnis rumahan perlu punya printer ini?

Pertama, gampang banget kalau mau isi tinta. HP Smart Tank 515 Wireless All-in-One bisa di-refill dengan botol tinta anti-spilled. Tinta HP seri Ink Tank bentuknya cair dan terpisah setiap warnanya. Jadi kamu nggak perlu repot kalau kehabisan tinta hanya satu warna atau beberapa warna saja. Kedua, tintanya yang memiliki kualitas tinggi. Tintanya tidak akan luntur meskipun tidak sengaja terkena air, jadi cocok banget untuk packaging. Kami paham perasaan ingin memberikan produk dengan kualitas packaging yang tetap terjaga sampai ke tangan customer.

Ketiga, easy mobile printing. Sekarang kamu bisa ngeprint dari laptop atau ponsel dengan HP Smart App yang tersedia di Google Playstore atau Apple Store. Jadi lebih praktis deh.

Keempat, kalian bisa print menggunakan segala jenis kertas dengan hasil warna yang sama seperti desain kalian. Cocok banget kalau kalian suka bikin personalized printed items seperti greeting card, thank you card, sticker dan lainnya.

Ngomong-ngomong tentang personalized printed items nih, kita bahas bincang-bincang kita dengan Wynda Mardio (owner of Cupcakes Company) dan Askar Moniaga (Founder and Creative Director of Kokken) Rabu lalu yuk.

Sesi pertama dimulai dari Wynda yang sharing tips bagaimana memulai bisnis dan bagaimana personalization ini jadi salah satu cara untuk membangun hubungan kita dengan customer. Tips pertama, classic but it’s true, mulai dari sekarang. Bisa mulai dari research dengan menawarkan sample produk kita ke teman-teman. Jadi, kamu tidak perlu khawatir mengeluarkan modal yang terlalu banyak.

Kedua, Wynda membahas personalized printed items sebagai media komunikasi dengan customernya. Misal ada yang memesan dalam jumlah banyak dan ingin custom, Cupcakes Company biasanya menambahkan sentuhan personalization pada cake topper, packaging, dan sebagainya.

Sesi kedua dimulai dengan Askar memperkenalkan diri sebagai orang di balik layar Kokken lalu sharing tips bagaimana membuat Branding berdasarkan pengalaman Askar selama 19 tahun di bidang tersebut. Askar menekankan bahwa “First impression matters!”. Kita bisa memperkenalkan branding atau identitas produk kita melalui desain packaging. Kalau kata Askar sih simple rulesnya dalam membuat desain packaging itu A (Attention), B (Branding), C (Communication/Clarity). Elemen yang perlu diperhatikan yaitu, pemilihan nama brand, color palettes, foto atau ilustrasi, hirarki dalam desain packaging (yang tertinggi, brand logo, claims, benefits, dan seterusnya), dan pemilihan material dan finishing packaging. Wah kami juga jadi ikut belajar nih kemarin!

Selanjutnya, ada Pak Melton dari HP Indonesia yang sharing bagaimana si printer baru ini menjawab permasalahan Home Business Owner. Lalu diikuti dengan demonstrasi print dokumen melalui HP Smart App dan hasil print dicelup dengan air. Semua dibuat kaget karena hasil print tidak luntur meskipun sudah dicelup dengan air.

Nah, kita mulai cerita yang kehebohan di akhir acara yuk!

Seperti workshop di bulan Juni lalu, kami juga memberikan DIY Challenge membuat label untuk sebuah produk dan market fiktif, kali ini dengan durasi yang lebih lama. Meskipun durasinya lebih lama, ternyata para peserta masih membutuhkan extra time loh. Satu kelompok berisikan 6-7 orang. Kami menyiapkan workshop kit yang berisi mission card juga berbagai pilihan kertas dan kemasan yang dapat digunakan. Tiap kelompok disediakan juga sebuah laptop HP dan printer Smart Tank 515, jadi bisa mengeksplorasi printer baru ini.

Begitu workshop kit diberikan, suasana langsung panas! Mereka bersemangat ingin mengaplikasikan teorinya secara langsung dan tentunya ambisius ingin membawa pulang Printer Smart Tank 515. Yup, hadiahnya Printer Smart Tank 515 untuk masing-masing peserta kelompok yang menang! Bisa dibayangkan bagaimana kompetitifnya mereka kan! Hahaha…

Kami sangat senang melihat antusias dan kreativitas teman-teman peserta. Ada yang punya target market spesifik dan unik, ada pula yang langsung mengaplikasikan ilmunya dengan menambahkan personalized printed items seperti sticker dan greeting card. Keren ya!

Untuk mengetahui lebih lanjut dan melihat keseruan HP Printer Workshop langsung tonton video YouTube-nya, ya.

 

Terima kasih HP Indonesia yang telah memberikan kesempatan bekerjasama dengan Living Loving lagi. Terima kasih untuk teman-teman yang sudah hadir ke acara HP Printer Workshop! It truly means a lot to us!


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Hapudin

    20 November

    Workshop yang terselenggara dengan seru banget. Sukses terus kerjasama antara Living Loving dengan HP!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: