5 CARA MUDAH MAKEOVER RUANGAN

Kami beberapa kali ditanya teman-teman, “Gimana sih caranya makeover ruangan supaya langsung keliatan beda?”. Pertanyaan ini nggak susah buat dijawab. Tapi yang menantang kalau pertanyaannya pake ekor, seperti “Tapi yang nggak mahal.”, atau “kalo bisa yang cepet gitu.”. Pokoknya pertanyaan dengan tambahan ekspektasi seperti klien *eh.

Sebenarnya nggak susah kok buat makeover ruangan kita. Asal kita tau benar prioritas yang mau diubah bagian apa saja. Ini dia 5 langkah yang bisa kamu lakukan supaya dapat suasana yang baru di ruangan.

1. Ubah layout furnitur

Kalau kamu mulai bosan dengan ruangan kamu, tapi belum ada budget lebih untuk redekorasi atau kamu merasa semua benda yang ada di dalam ruangan kamu masih belum kondisi perlu diganti. Cara paling mudah ya dengan mengubah tata letak benda-benda yang ada di dalamnya. Perubahan layout ini bisa mengubah kebiasaan aktivitas yang kamu lakukan di rumah.

Teman kami, Bini Fitriani, seorang Ibu Rumah Tangga dan Interior Decorator sering banget melakukan ini. Bahkan nggak hanya layout dalam ruangan saja yang Bini ubah, fungsi ruangan di rumahnya pun juga ubah. Kamar utama jadi kamar tidur anak. Kamar tamu jadi tempat bermain anak-anak, lalu diubah lagi jadi tempat bersantai keluarga. Mengubah layout seperti ini juga memancing kreativitas. Tau kan kalau salah satu cara buat kreatif ya dengan mengubah rutinitas kita, dan itu bisa banget kita mulai dari rumah.

Baca juga 5 Aplikasi Mendekor Ruangan

2. Menambah atau mengganti karpet

Dalam sebuah ruangan, lantai punya efek yang cukup dominan terhadap kesan ruangan. Sayangnya, mengganti penutup lantai (baik keramik, parket, atau lainnya) memakan banyak waktu, tenaga, dan biaya. Nah, kamu bisa memanfaatkan karpet untuk mengubah tampilan lantai rumahmu dengan cepat dengan budget yang lebih terjangkau. Jadi, kalau karpet kamu sudah lama nggak diganti, atau selama ini memang nggak terpikir untuk memasang karpet, coba deh ganti karpet ruanganmu. Karpet yang berbeda bisa membuat ruangan terlihat berbeda pula. Motif dan tekstur karpet yang kita pilih juga bisa membantu menunjukkan gaya yang ingin kita capai.

Baca juga 10 Pilihan Karpet untuk Rumah Lebih Nyaman

3. Ganti furnitur

Kalau kamu ada dana lebih untuk mengganti furnitur. Ini bisa jadi cara yang lumayan signifikan mengubah tampilan ruangan. Namun pastikan kamu memilih furnitur besar yang ukurannya cukup mengisi ruang seperti sofa, meja, dipan tempat tidur, atau lemari. Kalau kamu hanya pilih furnitur yang imut-imut, ya efeknya nggak akan terasa.

Lalu, furnitur yang nggak terpakai disalurkan ke mana, dong? Kayaknya sekarang ada banyak cara untuk menyalurkan barang, ya. Bisa dijual di online marketplace, atau kalau tujuan kamu hanya untuk menyingkirkan barang saja kamu bisa kontak beberapa yayasan seperti donasibarang.org dan Yayasan Yasmin yang menerima furnitur bekas untuk nantinya mereka perbaiki/ alih fungsi/ jual untuk membiayai program sosial mereka.

Oya, kalau udah ganti furnitur dan masiiih ada ekstra budget. Ya, bisa juga dengan memberikan sentuhan ornamen atau perlengkapan dekorasi yang bisa menguatkan gaya yang kamu inginkan. Kalau sofa, bisa tambah bantal-bantal. Kalau coffee table bisa kasih centerpiece yang menarik. Kamu bisa mampir ke Pinterest Living Loving untuk inspirasinya, ya.

Baca juga 3 Gaya Ruang Makan

4. Mengecat dinding ruangan

Ini cara yang simpel tapi hasilnya signifikan, meski yaa tetap ada usaha. Sama kayak lantai, dinding juga bagian dominan ruangan. Jadi coba sekarang bayangin dulu deh ruangan yang ingin kamu makeover…kalau dinding ruangan itu diganti dengan warna berbeda apakah itu akan mengubah mood secara instan? Atau kamu tipe yang suka pakai warna aman karena alasan takut gagal? But, what worse could happen? Kalau ternyata nggak cocok, kamu bisa mengecatnya lagi. Apalagi ngecat kan pake proses, kamu bisa mencoba dengan satu dinding dulu. Kalau kamu merasa sreg, baru lanjutkan sisi yang lain. Bahkan sebenarnya bisa banget lho kalau kamu cuma mau mengecat satu sisi saja. Atau coba bikin color-blocked wall, kayak apa yang sudah pernah kami lakukan di studio kami.

Courtesy of Hemtrevlight.se

Baca juga  Mengecat Dinding Sendiri

5. Hijau, Hijau, Hijau

Maksudnya bukan hijau Dollar yaa. Hihihi… Tapi tambahkan tanaman aneka ukuran yang tentunya masih sesuai dengan komposisi ruangan kamu. Tanaman bisa langsung memberikan mood yang segar sekaligus calming. Pilihannya pun lumayan beragam, kan. Info cara merawatnya pun udah banyak banget tersebar di internet.

Baca juga Asri Di Dalam Rumah Sendiri  dan Pot dan Wadah Tanaman

Gimana, masih doable kan? Jadi, mengubah tampilan ruangan tuh nggak melulu harus mengganti segambreng benda yang ada di ruangan dengan yang baru. Mulai aja dari yang paling mudah dan mungkin kamu lakukan. Jadi nggak perlu “nunggu niat” terlalu lama untuk makeover ruangan. Kamu punya tips makeover ruangan yang praktis? Share di kolom komentar, yaah!

Feature image by Planete Deco


Suka menulis dan hobi menggambar rumah serta denahnya sejak kecil. Nike membuat Living Loving untuk mengembalikan dan mengembangkan kecintaannya akan menulis dan minatnya akan rumah, dekorasi dan desain. Mulai membuat website dan blog sendiri sejak 2000, mengkoleksi dan berbagi cerita selalu jadi bagian penting dalam hidupnya.

RELATED POST

  1. duniamasak

    22 August

    hijau hijau hijau, hidup go green :D

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: