DECOR INSPO: KITCHEN BACKSPLASH

Saat renovasi dapur, selain mikirin kitchen set, kita juga harus mikirin materi dinding area memasak. Dinding di bagian belakang kompor dan area persiapan memasak ini biasa disebut backsplash. Selain dari sisi fungsional, pertimbangkan juga sisi estetikanya.

Dari segi fungsi, pastikan material yang digunakan memiliki permukaan yang tahan terhadap air dan cipratan minyak. Material tahan air lebih mudah dibersihkan dan dirawat, apalagi untuk yang senang masak. Bila frekuensi penggunaan dapur cukup tinggi, material backsplash yang sesuai dan anti-lembap pasti akan lebih awet dan panjang umurnya.

Beberapa material yang bisa kamu jadikan alternatif untuk dinding backsplash, diantaranya:

1.TILES

Material keramik ini umum digunakan untuk dinding dapur karena mudah didapat dan perawatannya relatif mudah. Material ini nggak membosankan karena jenis, bentuk dan warnanya lumayan banyak. Cara pemasangannya bisa lebih kreatif dengan bermain pola penyusunan. Sekarang ini, banyak yang menggunakan keramik putih bentuk persegi panjang atau yang populer dengan istilah subway tiles. Pemasangannya biasanya dengan pola horisontal menyerupai batu bata. Tapi kamu bisa bekreasi dengan memasangnya secara vertikal atau dengan pola herringbone (pola tulang ikan seperti zigzag).

2. TEGEL DEKORATIF

Material ini biasanya dipilih untuk yang ingin menambahkan aksen warna pada ruangan dapur. Kombinasikan dengan kabinet maupun rak ambalan berwarna netral dan polos supaya motif tegel bisa menarik perhatian namun secara keseluruhan, tampilannya nggak berlebihan. Seperti dapur di rumah Buneastri yang menyesuaikan material backsplash dengan lantai dapurnya. Juga dapur Ineke Bajalaras yang menggunakan tegel kunci, material yang dulu banyak dipakai di rumah-rumah tua tapi sekarang kembali jadi favorit. Bentuk yang ada di pasaran berupa persegi dan juga hexagon, tapi motif yang tergambar pada tegel bisa kamu konsultasikan pada Tegel Soeryo.

3. MARMER

Material yang umum digunakan karena merupakan batu alam yang kuat dan tahan terhadap benturan dan goresan. Material dinding bisa disamakan dengan permukaan meja dapur maupun kitchen island untuk menciptakan tampilan yang serasi. Jenis marmer juga banyak banget, jadi kamu bisa memilih pola serat maupun warna yang beragam. Harganya memang cukup pricey tapi mampu menghasilkan kesan mewah untuk dapurVarian batu alam ini bisa kamu intip di Citatah dan Petra Marmer.

4. TERRAZZO

Material komposit yang terdiri dari pecahan batu alam (bisa berupa batu marmer dan granit) dan disatukan dengan unsur pengikat yaitu semen. Hasil akhirnya akan diberi lapisan bening yang berfungsi untuk memberikan tampilan mengkilap dan label foodgrade atau aman untuk makanan. Yang membuatnya menarik adalah pecahan batu yang bisa beragam besaran dan warnanya (tergantung dari ketersediaan batu alam), juga hasil akhir warna semen yang bisa pigmented atau diberi campuran warna. Tinggi permukaan backsplash ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki. Varian warna bisa kamu konsultasikan ke TMAC Decorative Concrete.

5. SOLID-SURFACE

Untuk permukaan dengan tampilan bersih tanpa garis sambungan, solid surface ini bisa menjadi pilihanmu. Warnanya bisa kamu tentukan sendiri, bisa disesuaikan dengan warna table-top atau meja dapur. Proses pembuatannya adalah dengan cara molding atau menyiapkan cetakan yang sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Itulah mengapa hasil akhir material ini bisa berupa lembaran memanjang tanpa adanya sambungan. Material ini bisa kamu konsultasikan dengan TOS Solid Surface, mereka cukup tanggap dan bisa menyediakan beberapa sampel untuk kamu lihat langsung dan raba materialnya.

6. STAINLESS STEEL

Banyak keunggulan dari material yang sering digunakan pada dapur-dapur berskala besar seperti dapur restoran, hotel, atau bisnis katering. Untuk frekuensi penggunaan dapur yang tinggi, material ini awet banget karena tahan terhadap goresan dan mudah dibersihkan. Sebenarnya material ini bisa diaplikasikan di rumah, hanya saja biayanya cukup tinggi.

Penggunaan material ini bisa kamu konsultasikan ke Estetik Galeri yang sudah mengerjakan beberapa proyek dapur berbahan stainless steel, termasuk dapur milik Nana. Dengan bahan metal ini, kamu bisa gunakan permukaannya sebagai papan pengingat. Tinggal menempelkan catatan penting atau resep dengan bantuan magnet…

7. CERMIN

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di artikel Decor Inspo: Wall Coverings, material cermin bisa membuat kesan yang luas terhadap ruang. Mungkin salah satu kekurangan dari penggunaan material ini adalah lebih mudah terkena noda dan sangat nampak. Tapi jangan khawatir, perawatannya mudah karena tinggal kamu lap saja dengan pembersih kaca.

7. KACA

Material ini bisa memberikan kesan clean-cut karena nggak ada motif ataupun tekstur pada permukaannya. Ukuran kaca pun bisa disesuaikan dengan panjang meja dapur, tanpa adanya sambungan. Salah satu hal yang menarik dari penggunaan material ini adalah kamu bisa menjadikan permukaannya sebagai papan tulis dadakan, praktis untuk kalian yang suka menulis resep atau meal plan supaya nggak lupa selagi menyiapkan bahan atau memasak, hehe… Warna kaca ini juga bisa sesuai dengan yang kamu mau, karena tinggal diberi lapisan stiker di bagian belakang kaca untuk memberikan efek warna yang berbeda.

8. CAT ANTI-AIR

Material ini cukup simpel, yang perlu kamu siapkan adalah cat dengan lapisan anti-air. Setiap terkena cipratan air ataupun cairan lainnya, tinggal kamu lap saja. Untuk tampilan yang lebih maksimal, kamu bisa menyesuaikan warna cat dengan warna table-top seperti foto di bawah ini. Material ini bisa jadi pilihan yang paling efisien dan ekonomis tapi masih terlihat rapi.

9. KOMBINASI

Nah, yang ini bisa jadi alternatif untuk kalian yang mau ‘mix and match’ antara dua pilihan material. Tampilan ini bisa diciptakan untuk memberikan efek ruang yang dinamis dan nggak monoton. Tapi, bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan fungsi dinding seperti kebutuhan papan tulis di salah satu area dinding.

Jadi, dari alternatif material dinding backsplash yang bisa kamu pilih ini, pastikan spesifikasinya cocok dan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Sebelum membeli pun, kamu bisa survey dan bandingkan ketersediaan produk yang dimiliki setiap vendor terlebih dahulu. Semoga dapur impianmu tercapai dan kegiatanmu di dapur jadi lebih menyenangkan, ya!

Foto milik:
1. Feature Image
‘Six Week Kitchen Remodel’ dari Remodelista

2. Aplikasi backsplash dengan penggunaan tile keramik
‘Kitchen backsplash’ dari 2 Minutes With

3. Aplikasi backsplash dengan penggunaan marmer
Apartemen Tricia Brock dari Remodelista
Hendra House dari Jeffries Studios

4. Aplikasi backsplash dengan penggunaan terrazzo
Apartemen milik Gabrielle dari Heju Studio
Pastel Pink Paris Kitchen dari Remodelista

5. Aplikasi backspash dengan penggunaan solid surface
Dapur minimalis Galley dari Remodelista

6. Aplikasi backsplash dengan penggunaan stainless steel
Jasper Morrison Kitchen dari Remodelista
‘Malvern East Family Home’ dari The Design Files

7. Aplikasi backsplash dengan penggunaan cermin
‘Small-space living’ dari Coco Lapine Design
Rumah Modern di Melbourne dari The Style Files

8. Aplikasi backsplash dengan penggunaan kaca
‘Neutral and Clean Lines’ dari Coco Lapine Design

9. Aplikasi backsplash dengan penggunaan cat anti-air
Dapur Hélène Pinaud dan Julien Schwartzmann dari Remodelista

10. Aplikasi backsplash dengan penggunaan dua material berbeda
Dapur dengan backsplash marmer dan keramik dari Studio 125
Dapur milik Niels Jager dari Freunde von Freuden


Ibu satu anak yang suka mempercantik rumah. Sebelumnya bekerja sebagai desainer interior di IKEA. Sangat suka menulis dan menonton film yang realistis, dan penggemar berat karya-karya Woody Allen. Kamu bisa menyapa April lewat editorial (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER