READING

#LLBIKINBIKIN: BELAJAR BRUSH LETTERING

#LLBIKINBIKIN: BELAJAR BRUSH LETTERING

Ingat nggak waktu di sekolah dasar dulu diajarkan cara menulis indah? Dulu saya bangga sekali kalau bisa menulis rapi di buku bergaris tiga. Meskipun di awal pegal juga ya harus menulis rapi terus-menerus hahaha..

Ternyata saat ini ada tren menulis indah juga, tapi lebih dikenal dengan kaligrafi atau hand lettering. Tulisan indah ini bisa dipakai ketika kamu menulis kartu ucapan spesial saat mengirimkan hadiah, juga bisa dijadikan pajangan di dinding.

Sudah pernah coba brush lettering? Kalau belum pernah, kamu cukup menyiapkan beberapa alat. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis brush pen atau kuas dan cat air jika ingin efek warna yang lebih bervariasi. Untuk tekniknya sendiri sebenarnya cukup sederhana. Garis naik ditulis tipis, garis turun ditebalkan. Kamu bisa berlatih dengan template buatan Miranti di bawah ini.

Intinya, terus berlatih untuk melenturkan pergelangan tanganmu ya. Kunci dari lettering ini memang latihan. Dulu waktu saya berlatih membuat basic strokes, saya menghabiskan berlembar-lembar kertas. Setelah itu, baru saya berlatih menulis huruf satu per satu. Kamu juga bisa mengikuti cara saya. Kami menyiapkan template brush lettering dari tulisan tangan Miranti yang bisa kamu cetak lalu tebalkan di rumah. Tentu saja ini hanya panduan dasar, kamu bisa banget eksplor gaya tulisan lainnya.

Kamu juga bisa mengunduh versi PDFnya di sini ya! Untuk rekomendasi kuas buat yang baru mau belajar, bisa coba Sharpie Stained yang mudah didapat dan harganya cukup terjangkau. Miranti juga pernah bahas soal kuas yang dia pakai di artikel Brush Lettering 101: My Favorite Brushes.

Selamat berlatih teman-teman! Jangan lupa share progress kamu di akun instagrammu dan mention @livinglovingnet supaya kami bisa lihat. ;)


img

Seorang "experience seeker" yang suka belajar banyak hal, khususnya di dunia desain dan kreatif. Bercita-cita punya rumah dan workshop yang didesain dan didekorasi sendiri. Saat ini sedang belajar membagikan pikiran dan pendapatnya lewat tulisan dan ilustrasi

RELATED POST

Your email address will not be published.

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.