MEMBUAT POT GANTUNG MACRAME

Meletakkan tanaman di rumah bisa membuat ruangan terlihat segar. Selain dalam pot biasa, kamu bisa memajang tanamanmu dalam gantungan macramé untuk menambah tekstur dalam ruangan. Apalagi bila diisi dengan Cocodama unik buatan sendiri. Kamu bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat pot gantung ini dalam Cocodama + Macrame Kit kolaborasi Rumah Atsiri Indonesia dan Living Loving.

Macramé adalah kerajinan tangan yang mengkreasikan tali membentuk simpul dekoratif. Macramé umum digunakan sebagai ornamen dekorasi rumah seperti hiasan dinding atau pot tanaman gantung. Sudah punya kitnya dan penasaran mau coba bikin sendiri? Boleh banget! Coba buat pot gantungnya, yuk! Hanging planters ini pada dasarnya hanya menggunakan 2 macam teknik simpul, yaitu Spiral Knot dan Square Knot. Pertama-tama kita pelajari dulu yuk masing-masing teknik tersebut.

SPIRAL KNOT

1. Ambil empat utas tali, tali aktif yang akan kita pakai adalah tali paling kiri dan paling kanan. Posisikan tali sebelah kiri melintang di depan.

2. Ambil tali paling kanan, lilit melintang dari belakang, lalu kencangkan

3. Untuk baris bawahnya, lakukan hal yang sama dengan 2 langkah pertama: tali kiri dililit dari depan, dan tali kanan dililit dari belakang

4. Bila diulangi terus menerus, hasilnya adalah seperti ini.

SQUARE KNOT

1. Caranya hampir sama dengan spiral knot, tapi arah talinya bergantian kiri dan kanan. Pertama, posisikan tali sebelah kiri melintang di depan.

2. Ambil tali paling kanan, lilit melintang dari belakang, lalu kencangkan

3. Untuk baris berikutnya, ambil tali sebelah kanan, posisikan tali melintang di depan.

4. Ambil tali paling kiri, lilit melintang dari belakang, lalu kencangkan. Hasilnya akan berupa simpul berbentuk agak kotak.

5. Seperti ini tampilan rangkaian square knot.

LANGKAH PEMBUATAN MACRAME HANGING PLANTERS

Sekarang kita coba buat macramenya dari awal ya. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah:

  • 8 utas tali katun putih @2 meter
  • tali katun berwarna untuk aksen lilitan
  • Ring kayu
  • S-hook atau kaitan besi

1. Kaitkan ring kayu ke S-hook, lalu kaitkan pada gantungan atau rak yang cukup tinggi agar lebih mudah membuat macrame. Masukkan 8 utas tali katun ke dalam ring kayu, samakan panjang bagian bawah tali.

2. Buat lilitan dengan tali berwarna: Siapkan 1 meter tali berwarna. Buat loop agak panjang menjuntai seperti pada contoh. Lilitkan tali berwarna mengelilingi tali katun putih. Masukkan ujung tali ke dalam loop. Tarik tali di bagian atas hingga loop mengencang. Gunting sisa tali yang ada, lalu selipkan ke dalam lipatan.

4. Buat Spiral Knot: Beri jarak 10-15cm dari bagian bawah lilitan tali berwarna. Bagi 16 utas tali ke dalam 4 kelompok, masing-masing berisi 4 utas. Kerjakan satu kelompok tali dahulu. Beri jarak kira-kira 10cm dari bagian bawah lilitan tali berwarna. Buat spiral knot sebanyak 15 kali. Ulangi pada kelompok tali yang lain.

5. Buat Square Knot: Beri jarak 10cm dari bagian bawah spiral knot, buat square knot sebanyak 3 kali. Ulangi pada kelompok tali yang lain.

6. Alternating Square Knot: Beri jarak 5-7cm dari bagian bawah square knot. Ambil 4 tali dari kelompok tali yang bersebelahan (masing-masing 2 utas tali). Buat 1 kali square knot. Ulangi pada sisa tali yang ada.

7. Buat Spiral Knot besar: Kumpulkan semua tali yang ada, beri jarak 5-7cm dari bagian bawah squae knot terakhir. Ambil 2 utas tali terpanjang, buat spiral knot mengelilingi semua utas tali, sebanyak 7 kali.

8. Rapikan sisa tali dengan gunting. Masukkan cocodama ke dalam pot gantung macrame, lalu gantungkan di sudut rumahmu.

Kalau kamu mau tahu lebih jelas soal langkah demi langkah pembuatan yang lebih jelas, cek video pembuatannya di Youtube Livinglovingnet. Miranti menjelaskan lebih detail langkah demi langkah pembuatan Macrame hanging planters. Kamu juga bisa cek video cara pembuatan Cocodama yang dicontohkan oleh Natasha dari Rumah Atsiri Indonesia.

Untuk info lebih lanjut tentang DIY (Do It Yourself) Kit lain hasil kolaborasi Rumah Atsiri Indonesia dan Living Loving, kamu bisa cek website, Tokopedia, dan Shopee ya. Selamat mencoba!


img

Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

Your email address will not be published.

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.