READING

AT HOME WITH: IRENE + KEVIN, A SPACE FOR ALL THE C...

AT HOME WITH: IRENE + KEVIN, A SPACE FOR ALL THE CREATIVITY

Bagi Irene dan Kevin, rumah tidak hanya nyaman untuk tempat tinggal. Tapi juga untuk mendapatkan inspirasi dan tempat untuk membiarkan kreativitas “berkembang” liar. Di rumah mungil milik Irene dan Kevin, ada ruangan di pojok rumah di mana mereka bisa melakukan kegiatan bersama. Kevin yang hobi membuat lagu berdampingan dengan Irene yang hobi menyulam dan menggambar.

Irene yang sehari-harinya bekerja sebagai desainer dan ilustrator memang akrab dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan kreativitas. Bagi Irene berkreasi itu sama seperti meditasi yang bisa membuat Irene lebih tenang, sekaligus sebagai sarana refreshing.

Rasanya seru sekali bisa ya berkreasi di rumah sendiri! Nah, kalau kamu bacanya sambil “mupeng” ingin punya ruangan untuk berkreasi di rumah, saya punya beberapa tips untuk mewujudkannya. Coba ikuti beberapa langkah berikut ini

1. Temukan spot yang memiliki pencahayaan cukup

Lihat di sekeliling rumahmu, apakah ada ruangan atau area kosong yang belum memiliki fungsi khusus? Misalnya area kosong di pojok ruang keluarga, kamar tidur, atau ruang kerja. Coba bayangkan spot mana yang bisa bikin kamu nyaman dan betah berjam-jam di sana.

Kondisi pencahayaan di ruangan juga bisa jadi pertimbangan. Namanya juga berkreasi, yang erat banget sama visual dan hal detail, jadi memerlukan pencahayaan yang cukup. Lokasi ideal menurut kami adalah area yang dekat dengan jendela. Selain memberikan pencahayaan alami yang kamu perlukan, a good view from the window can be calming and inspiring too!

Atau kalau kamu tidak punya ruangan tersisa dI dekat jendela, kamu bisa menyiasatinya dengan memasang lampu yang ukuran, tinggi, dan tingkat penerangannya cukup. Tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup juga ya, supaya mata kamu tidak cepat lelah.

2. Pilih furnitur yang tepat

Selain ruangan, furniture yang tepat juga tak kalah penting. Bisa disesuaikan dengan hobimu ya. Kalau kamu senang menggambar, kamu perlu meja dan kursi dengan desain dan ukuran yang enak untuk duduk berlama-lama. Kalau hobimu menyulam, bisa mencari kursi dengan sandaran yang empuk dan nyaman.

3. Gunakan tempat penyimpanan multifungsi

Bebikinan nggak jauh-jauh sama printilan. Supaya bisa mengerjakan prakaryamu dengan enak dan tidak repot mencari bahan atau peralatanmu, coba simpan dan kategorikan semua keperluanmu di rak penyimpanan. Don’t be afraid to go-vertical with simple shelving! 

Kalau ruanganmu terbatas, kamu juga bisa memilih tempat penyimpanan yang memiliki fungsi lain, misal kursi ottoman yang bisa berfungsi sebagai wadah penyimpanan sekaligus tempat duduk. Atau bisa juga menggunakan troli susun yang mudah dipindah-pindah.

4. Manfaatkan perlengkapan hobimu sebagai elemen dekorasi

Biar lebih semangat berkreasi, tambahkan hiasan pada dinding atau meja kerja. Tak harus beli benda dekorasi baru, kamu juga bisa memanfaatkan benda yang ada di rumah, atau sekalian menata perlengkapan hobi dengan menarik agar sekaligus berfungsi sebagai ornamen dekor ruang.

Kamu punya hobi bermain musik? Bisa banget alat musikmu seperti gitar dipajang sebagai objek dekorasi! Selain bisa menghias ruangan, juga memudahkan kamu untuk mengambil alat tersebut.

Yang punya hobi bebikinan, mungkin perlengkapan prakarya berukuran kecil seperti selotip, pita, benang, dan sejenisnya sering bikin meja jadi berantakan. Tapi kalau kamu tata di papan berlubang (peg board) peralatan itu bisa menjadi menarik dan lebih rapi.

 

5. Bikin suasana nyaman dan “kamu banget”

Seperti kata Irene, berkreasi bisa menjadi kegiatan meditasi. Dengan berkreasi, kita bisa lebih mengenal, mencintai dan menghargai diri sendiri.  Maka dari itu, kamu perlu membuat ruanganmu terasa betah dan nyaman sebagai diri sendiri. Kamu bisa menambahkan karpet, selimut, bantal, atau tanaman. Atau mungkin beberapa barang yang kamu suka seperti figurin Disney yang kamu koleksi atau kartu pos yang kamu beli saat travelling.

No matter how big or small your home is, there’s always a way to make space for your favorite activities. Give your hobby a place to grow, and let the creativity flow!

Rumah Irene dan Kevin adalah salah satu rumah yang kami bahas di dalam #LLLovelyNestBook. Di buku ini, kamu bisa membaca cerita lengkap tentang rumah Irene dan Kevin juga tujuh rumah lainnya. Dapatkan buku Lovely Nest di Tokopedia atau klik foto di bawah ini:

Sumber photo:

Foto kursi oranye di Studio Sarah K. Benning dokumentasi togetherjournal.com

 


img

Seorang "experience seeker" yang suka belajar banyak hal, khususnya di dunia desain dan kreatif. Bercita-cita punya rumah dan workshop yang didesain dan didekorasi sendiri. Saat ini sedang belajar membagikan pikiran dan pendapatnya lewat tulisan dan ilustrasi

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.