#LLBIKINBIKIN: GRATITUDE JOURNAL

Kalau kamu dulunya suka menulis diary, mungkin akan lebih mudah memahami konsep menulis jurnal. Meskipun ujungnya sama-sama “curhat”, tapi menulis jurnal ini banyak sekali jenisnya. Salah satunya gratitude journal.

Gratitude journal adalah satu buku yang isinya tulisan hal-hal apa saja yang kamu syukuri baik besar maupun kecil, bisa dilakukan rutin setiap hari, setiap minggu, dan bisa juga dengan jadwal tidak menentu. Balik lagi, journaling itu tidak ada ketentuan atau rules khusus. Tapi membiasakan menulis gratitude journal itu penting loh. Aku bahas sedikit ya, kenapa kamu harus mencoba gratitude journaling.

No matter what your current situation is in life, you can always choose to be grateful. Jadi dengan membiasakan menulis jurnal, kita juga dilatih untuk selalu bersyukur dan memilih untuk melihat hal-hal positif dalam hidup. Kita akan terbiasa melihat sudut pandang yang berbeda dan jauh lebih optimis. Lalu, gratitude journal-mu bisa jadi penghibur saat situasi sedang tidak mendukung. Kalau kamu baca ulang tulisan kamu, kamu akan melihat seberapa banyak hal baik yang sudah pernah kamu terima selama ini. Mengingatkan kita untuk selalu bersyukur.

Waaah kalau dijabarin satu-satu sebenarnya banyak sekali manfaat gratitude journaling. Tertarik coba menulis juga? Kebetulan di #LLbikinbikin kali ini, saya ingin membagikan prompts atau daftar ide jurnal yang saya suka gunakan dan beberapa lainnya saya dapatkan dari internet. Prompts ini bisa membantu kamu yang baru mau mulai nulis-nulis dan bingung mulainya dari mana. Jadi rasanya seperti kamu menjawab pertanyaan ini satu-satu. Cukup pilih 1 prompt untuk ditulis selama satu hari, bebas mau sepanjang atau sependek apapun.

Oh ya, kamu cuma perlu siapkan buku dan alat tulis ya!

Kalau kamu ingin berkreasi dengan gratitude journal kamu juga bisa menggambar beberapa doodle dan menghiasnya dengan washi tape atau pernak-pernik lainnya. Kamu bisa mulai dengan template di bawah ini yaa!

Bagaimana? Banyak cara untuk bersyukur ya! Saya pribadi senang sekali menulis gratitude journal ini. Buat saya, menulis jurnal semacam ini banyak positifnya dan terasa banget perubahannya. Kalau kamu juga mencoba menulis gratitude journal, bisa share ceritmu dan mention kami di Instagram ya! Happy journaling, gengs!

 

 

 


img

Seorang "experience seeker" yang suka belajar banyak hal, khususnya di dunia desain dan kreatif. Bercita-cita punya rumah dan workshop yang didesain dan didekorasi sendiri. Saat ini sedang belajar membagikan pikiran dan pendapatnya lewat tulisan dan ilustrasi

RELATED POST

Your email address will not be published.

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.