READING

YANG PERLU DILAKUKAN BEGITU SAMPAI DI RUMAH

YANG PERLU DILAKUKAN BEGITU SAMPAI DI RUMAH

Selama pandemi ini, kita diharuskan #dirumahaja untuk mengurangi penyebaran virus corona. Meskipun harus tinggal di rumah, banyak sekali yang terjadi baik perubahan dalam diri sendiri maupun di seluruh dunia. Semua orang mau tidak mau harus beradaptasi dengan kebiasaan yang baru. Iya, virus corona memang adalah hal di luar kendali kita. Tapi kita punya kendali atas apa yang bisa kita lakukan di tengah pandemi ini, salah satunya dengan beradaptasi.

Baru-baru ini kebijakan The New Normal mulai diberlakukan. Beberapa dari kita harus beraktivitas di luar rumah lagi. Mungkin rasanya campur aduk, deg-degan karena kita tidak tau bertemu dengan siapa saja di jalan dan takut membahayakan keluarga di rumah. Tapi dengan beberapa strategi kita bisa mengurangi penyebaran virus ini dan melindungi keluarga loh. Kami ingin membagikan 5 tips yang perlu kamu lakukan begitu sampai di rumah.

1. Pastikan tanganmu bersih sebelum membuka pintu rumah

Sebelumnya, pastikan kamu membawa hand sanitizer atau sabun cair jika ingin keluar rumah ya. Jadi begitu pulang, kamu bisa melepaskan sepatu lalu membersihkan tanganmu sebelum menyentuh gagang pintu. Kamu bisa meletakkan sign atau tanda di depan pintu seperti “Sanitize your hands before entering the house” supaya kamu tidak lupa.

2. Bersihkan barang bawaan sebelum masuk rumah dengan disinfektan

Virus juga bisa menempel di barang-barang yang kita bawa. Jadi, begitu masuk rumah, langsung taruh barang-barangmu di dekat pintu. Bersihkan kunci, dompet, dan permukaan tasmu menggunakan cairan disinfektan sebelum menaruh barang bawaan ke tengah-tengah ruangan atau di ruangan dengan kontak tinggi seperti sofa, meja tamu atau meja makan.

3. Ganti pakaianmu

Seperti dokter yang baru saja dari ruang operasi, langsung lepas pakaianmu lalu taruh di keranjang laundry ya. Disarankan juga langsung mandi begitu sampai rumah sebelum melakukan kontak dengan keluarga. Untuk mencuci pakaian, kamu bisa menggunakan detergent biasa yang kita gunakan sehari-hari, tidak perlu ada detergent khusus kok.

4. Cuci tanganmu dengan sabun

Cuci tanganmu lagi dengan sabun. Iya, dengan situasi seperti ini kita memang disarankan untuk sering mencuci tangan dengan sabun. Cuci seluruh permukaan telapak tangan hingga pergelangan selama minimal 20 detik.

5. Bersihkan dengan disinfektan

Jika dibutuhkan, kamu bisa membersihkan barang-barang yang sering disentuh dengan cairan disinfektan seperti gagang pintu, permukaan meja, saklar lampu, dan keran. Caranya, semprotkan cairan disinfektan pada permukaan barang, dan ratakan dengan kain pembersih.

Nah kira-kira begitu tipsnya. Memang kelihatannya ribet, tapi lama-lama akan terbiasa kok kalau kita sudah sering menerapkannya. Supaya tidak lupa, kami juga membagikan printables yang bisa kamu unduh dan cetak.

Semangat ya teman-teman! Jangan lupa untuk selalu menerapkan physical distancing selama di luar rumah dan jaga kesehatan ya! Satu hal lagi yang ingin saya bagi melalui tulisan ini. Senang sekali rasanya melihat kita saling mendukung satu sama lain, berpelukan (secara virtual), dan berjuang bersama-sama menghadapi situasi ini. Kebiasaan baru ini memang tidak mudah bagi beberapa orang, tapi saya tetap percaya kita bisa melewatinya, bersama-sama.

 

 

Sumber:

Centers for Disease Control and Prevention (CDC)

Apartment Therapy


img

Seorang "experience seeker" yang suka belajar banyak hal, khususnya di dunia desain dan kreatif. Bercita-cita punya rumah dan workshop yang didesain dan didekorasi sendiri. Saat ini sedang belajar membagikan pikiran dan pendapatnya lewat tulisan dan ilustrasi

RELATED POST

Your email address will not be published.

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.