READING

YANG PERLU KAMU TAHU TENTANG CORONA

YANG PERLU KAMU TAHU TENTANG CORONA

Saat ini, sebagian besar orang lagi ngerasain beraktivitas di rumah masing-masing terkait penyebaran virus Corona. Kamu termasuk salah satunya? Yuk cari tahu lebih jauh tentang penyakit ini biar kita bisa tetap waspada.

Akhir-akhir ini virus corona menjadi topik terhangat di seluruh dunia. Banyak yang merasakan dampak luar biasa dari virus ini. Beberapa negara sudah menerapkan lockdown dan social distancing untuk mencegah penyebarannya. Di Indonesia sendiri juga sudah ada imbauan untuk #dirumahaja dan beberapa pencegahan lainnya.

Virus corona pertama kali terdeteksi di pasar hewan dan makanan laut di Kota Wuhan, Provinsi Hubei pada Desember 2019 lalu. Berdasarkan keterangan dari FDA (Food and Drug Administration) Amerika, Coronavirus disease 2019 (CoVid-19) adalah penyakit sistem pernapasan yang mudah menular, disebabkan oleh virus Corona jenis baru.

Sebenarnya virus Corona sudah umum ditemukan di beberapa hewan, namun belum pernah ditemukan sebelumnya pada manusia. Virus yang kini menyebar dan menimbulkan pandemi ini pun berbeda dari virus Corona yang terdapat di hewan. Virus Corona yang menyebar saat ini masih berada dalam satu strain virus yang sama dengan virus Corona penyebab MERS dan SARS. WHO sudah resmi mengklasifikasi nama virusnya menjadi SARS-CoV2 dan Covid-19 untuk nama penyakitnya.

Jadi apa saja sih gejala dari CoVid-19 ini? Bagaimana mencegah penyebarannya? Apa yang harus dilakukan jika kamu mulai merasakan gejala? Kamu bisa menyimak infografis berikut:

Kalau kamu mulai merasakan beberapa gejala, kamu bisa langsung berkonsultasi di beberapa rumah sakit rujukan di daerahmu. Berikut kami rangkum beberapa rumah sakit yang bisa kamu tuju:

Dan untuk daftar rumah sakit rujukan yang lengkap, bisa cek di sini

Feel free to download and print these info for your personal use. Jangan lupa untuk tetap tenang dan waspada. Yuk saling menyemangati dan merangkul orang-orang di sekitar kita (secara virtual) Sending love and light to all of you and our beloved earth. We’re in this together!

 

 

Sumber:
Website resmi WHO
Centers for Disease Control and Prevention (CDC)
Kompas


img

Seorang "experience seeker" yang suka belajar banyak hal, khususnya di dunia desain dan kreatif. Bercita-cita punya rumah dan workshop yang didesain dan didekorasi sendiri. Saat ini sedang belajar membagikan pikiran dan pendapatnya lewat tulisan dan ilustrasi

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.