READING

REKOMENDASI MATERIAL COUNTERTOP DAPUR

REKOMENDASI MATERIAL COUNTERTOP DAPUR

Permukaan meja dapur atau countertop adalah bagian dapur yang sering mengalami kontak langsung dengan bahan makanan. Maka dari itu, pemilihannya pun perlu disesuaikan juga dengan kondisi rumah, budget, dan kebiasaan pengguna. Teman kami Azalia Septivani, seorang desainer interior, akan berbagi tips bagaimana memilih material countertop yang sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini ada banyak sekali ragam pilihan material countertop untuk dapur. Mulai dari kayu, marmer, solid surface, dan lain sebagainya. Setiap material memberi kesan yang berbeda. Permukaan meja dapur bahan kayu dapat memberi kesan hangat pada ruangan. Sementara penggunaan marmer memberikan kesan mewah dan elegan.

Setiap bahan countertop juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ada yang memiliki pori besar, tahan gores, tahan noda, dan lain sebagainya. Menurut Zaza, ada 4 hal yang perlu diperhatikan saat mencari countertop dapur yang pas:

1. Kesesuaian dengan budget yang kamu miliki.
2. Kemudahan perawatan.
3. Ketahanan terhadap goresan dan panas.
4. Kesesuaian dengan gaya interior dapur kamu.

Zaza merekomendasikan empat jenis material berikut untuk permukaan meja dapur.

1. Granit dan Marmer

Termasuk batuan alami, kedua material ini memiliki motif natural yang berbeda-beda pada setiap batu. Harganya lebih mahal dibandingkan material lain, mulai dari Rp1.600.000 per slab untuk granit, dan Rp1.400.000 per slab untuk marmer. Material ini tahan panas dan mampu memberikan kesan mewah pada dapur. Marmer dan granit memiliki pori yang cukup besar, sehingga mudah menyerap noda. Sebaiknya beri beberapa lapis sealer supaya cairan tidak mudah menembus porinya.

2. Solid Surface

Material ini terbuat dari campuran mineral alami dan resin, tidak berpori dan lebih tahan noda. Pemasangannya tidak memerlukan nat sebagai sambungan, membuat meja dapur terlihat seamless dan lebih modern. Material ini kokoh, jadi dapat menahan barang yang cukup berat. Dapat dipoles kembali apabila sudah mulai banyak goresan.

3. Quartz

Material ini memiliki pola serat menyerupai batu natural, tapi dengan ragam motif yang lebih banyak. Terbuat dari batu alami dan resin sebagai pengikat, material ini memiliki pori yang cukup besar seperti granit dan marmer. Sehingga mudah menyerap noda dan perlu dilapisi dengan sealer. Perawatannya cukup minimal, karena material ini lebih tahan panas, gores, dan lebih kokoh dibandingkan solid surface.

4. Granite Tile

Dikenal juga sebagai Homogenous Tiles. Material ini terbuat dari campuran tanah liat dan pasir kuarsa yang dipadatkan. Ciri khasnya adalah permukaan yang rata, tidak melengkung di bagian tepi seperti tiles keramik, jadi lebih rapi dan rata ketika dipasang. Tersedia dalam berbagai jenis warna dan motif seperti motif menyerupai marmer, granit, terrazzo, mau pun kayu. Material ini mudah dibersihkan, tahan gores, dan tahan panas. Penyusunannya memerlukan nat sebagai sambungan. Biaya material dan pemasangannya lebih murah dibandingkan ketiga bahan countertop lainnya.

Selain keempat material countertop yang sudah Zaza rekomendasikan di atas, kamu juga bisa pakai kayu solid untuk permukaan dapur. Tapi pastikan kayu yang kamu pilih benar-benar tua dan sudah diberikan pelapis supaya nggak gampang lapuk, menyusut, dan dimakan rayap.

Dari rekomendasi material countertop di atas, pastikan yang kamu pilih sudah sesuai dengan kebutuhan dan gaya interior dapurmu. Kamu juga bisa survei dan bandingkan ketersediaan produk di setiap vendor terlebih dahulu. Semoga dapur impianmu segera tercapai dan bikin lebih semangat berkegiatan di dapur ya!

 

PHOTO CREDIT

1. Feature image dan foto sample material countertop
Dokumentasi pribadi Azalia Septivani

2. Aplikasi countertop dengan material granit
Dapur bergaya victorian dari Remodelista

3. Aplikasi countertop dengan material marmer
Dapur milik Athena Calderone dari eye-swoon 

4. Aplikasi countertop dengan material solid surface 
Dapur milik Azalia Septivani

5. Aplikasi countertop dengan material quartz
Dapur milik Studio McGee dari thespruce

6. Aplikasi countertop dengan material granite tiles
Dapur Ada Egloff dan Rick Banister dari Remodelista


img

Cari inspirasi kamar dan nonton vlog Korea sudah menjadi sebuah rutinitas. Akan terlihat cerewet kalau sudah sharing dan memberikan rekomendasi tentang hal-hal kesukaannya.

RELATED POST

Your email address will not be published.

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.