READING

PEMBAGIAN AREA DAPUR DI RUMAH IMANI

PEMBAGIAN AREA DAPUR DI RUMAH IMANI

 

Bila berencana merenovasi dapur, sebelum menentukan tema furnitur atau dekorasinya, coba rencanakan dahulu sistem zonasi sesuai kebutuhanmu. Iman dan Vinny dari Rumah Imani berbagi pengalaman mereka saat menentukan pembagian area di dapur.

Secara umum, biasanya dapur didesain dengan mempertimbangkan Segitiga Kerja atau Kitchen Triangle. Istilah ini merujuk pada kegiatan di dapur yang berfokus di sekitar kompor, area mencuci, dan kulkas. Memahami dan menata tiga titik tersebut dengan baik merupakan kunci agar kerja di dapur menjadi lebih mudah, nyaman, dan aman.

Bagi Iman dan Vinny, desain dapur merupakan salah satu perhatian utama saat mulai mengisi rumah mereka. Mereka ingin agar dapur tampil selaras dengan konsep rumah secara keseluruhan. Pemilihan furnitur dan tata letak dapur juga dipertimbangkan berdasarkan kebutuhan dan anggaran. Mereka melakukan penyesuaian terhadap konsep Segitiga Kerja dengan membagi dapur menjadi beberapa zona fungsi sesuai kegiatan yang diwadahi seperti: menyimpan, menyiapkan, memasak, dan mencuci.

Zona penyimpanan merupakan bagian dapur yang dikhususkan untuk menyimpan bahan makanan maupun peralatan memasak. Bahan makanan dan alat memasak dapat dikategorikan sesuai dengan fungsi dan disimpan dalam satu kabinet tertentu agar mudah ditemukan.

Zona persiapan adalah area untuk mempersiapkan bahan masakan, seperti mengupas, menimbang, dan memotong. Idealnya zona persiapan memerlukan permukaan yang lebar agar dapat leluasa. Supaya lebih praktis, zona ini bisa diletakan dekat dengan area penyimpanan.

Zona memasak umumnya adalah tempat untuk kompor dan oven. Di dapur Rumah Imani, area ini didekatkan dengan penyimpanan bumbu-bumbu dan countertop tempat meletakan bahan makanan yang sudah disiapkan untuk mempermudah proses memasak.

Terakhir adalah zona pembersihan untuk kegiatan mencuci sebelum dan sesudah memasak. Area ini digunakan untuk membersihkan bahan makanan dan untuk membersihkan peralatan makan/masak yang sudah dipakai. Termasuk untuk menyimpan peralatan makan/masak yang basah.

Setelah memahami kegiatan dan kebutuhan di dapur, kriteria furnitur menjadi semakin spesifik sehingga lebih mudah memilihnya. Iman dan Vinny memilih kitchen set jadi dari IKEA dengan penambahan ambalan dan rak gantung agar sesuai dengan kebutuhan.

Simak ruangan lain di Rumah Imani lewat video berikut!


img

Architecture student life had turned her into an ally for various creative projects. She enjoys work on ideas for spaces, events, presentations, and even a popping surprise. In between, Mega does a lot of crafting goods.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.