READING

RESEP RUMAHAN: SOP IKAN BATAM ALA NAUSA CARNAVIAN

RESEP RUMAHAN: SOP IKAN BATAM ALA NAUSA CARNAVIAN

Di bulan Ramadan tahun ini, kami mengajak Nausa Carnavian bagi-bagi Resep Rumahan buat sahur lewat challenge! Kalau bicara soal sahur, saya paling suka masakan yang sederhana dan praktis. Durasi masaknya singkat, nggak butuh banyak alat masak. Alias supaya cucian piringnya dikit, hehe…

Makanya di challenge pertama, kami tantang Baba Nausa untuk masak menu sahur dalam waktu 15 menit! Apakah koki rumahan ini berhasil pada tantangan pertama? *drum roll*

Yeay, Baba Nausa berhasil seratus persen! Nausa bikin Sop Ikan Batam yang hangat dan segar. Hidangan spesial untuk menambah kenyamanan dan kebersamaan penghuni rumah.

Kalau kamu mau coba bikin buat sahur nanti, ikuti resep di bawah ini yaa:

Resep Sop Ikan Batam ala Baba Nausa

BAHAN:

  • 2 liter air
  • 2 fillet ikan putih (nila, kakap, dori, patin)
  • 200 gr udang
  • Sayur asin
  • Tomat hijau
  • Kecap asin
  • Cabai rawit

 

Untuk kaldu:

  • 1 sdm teri medan goreng
  • 4 siung bawang putih goreng
  • 3 kemiri sangrai
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt penyedap rasa

CARA MASAK:

    1. Rebus ikan putih dan udang. Supaya nggak overcooked, angkat saat ikan dan udang sudah mengapung
    2. Haluskan teri medan goreng, bawang putih, dan kemiri sangrai dengan blender
    3. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan pada sisa air di panci rebusan ikan dan udang
    4. Tambahkan garam dan penyedap rasa, masak hingga mendidih
    5. Susun ikan, udang, sayur asin, dan tomat hijau yang sudah dipotong-potong di dalam mangkuk
    6. Tuangkan kuah ke dalam mangkuk dan saring jika mau kuahnya lebih bening
    7. Sajikan dengan kecap asin dan irisan cabai rawit

 

Gimana gampang kan masaknya? Buat apa bangun jam tiga pagi kalau masak sahur bisa secepat ini?

Nonton tutorial masak Sop Ikan Batam di sini, dan ikuti seri Resep Rumahan Tantangan Sahur di Instagram @livinglovingnet. Tiap hari Senin kami akan upload video resep di Instagram Reel. Selain Nausa, ada satu teman lagi yang kami ajak untuk ikut masak-masak. Siapakah dia? Tungguin aja ya! ;)

Terima kasih Baba Nausa udah kasih resep yang simpel dan yummy! Follow Nausa di Instagram @nausacarnavian dan TikTok @chefnausa untuk lihat kreasi masakan dari ayah satu anak ini. Psst.. dapur di rumahnya juga cakep banget, lho! Yuk, saya kasih intip sedikit dapurnya.




ABOUT NAUSA
Nausa Carnavian adalah seorang chef rumahan yang suka ngulik resep masakan restoran untuk dimasak dan dinikmati di rumah.


img

A loyal iced milk coffee enthusiast. Fanny joined Living Loving in 2018 as creative intern during her interior architecture college study. Now, she is responsible in managing our digital content. She enjoys spending time with her cats and making playlists for all the mundane activities of her everyday life.

RELATED POST

Your email address will not be published.

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.