10 INSPIRASI DAPUR MUNGIL

Dapur jadi bagian yang rasanya ‘harus ada’ di rumah, bagaimanapun bentuk atau luasannya. Cukup sebagai pantry untuk memasak mie instan, atau yang nyaman untuk masak besar di Hari Raya; semua kamu yang tentukan. Sesuai dengan ruang yang ada dan kebutuhan.

Kalau kamu sedang ingin menata dapur, jangan ragu untuk memulai dari hal yang paling dekat. Bisa dari memilih warna kesukaan, menyusun sistem zonasi di dapur, atau mengumpulkan inspirasi dari Instagram seperti yang kami lakukan berikut ini.

Dibantu #LLFriends, teman-teman Living Loving yang senang berbagi, kami mengumpulkan 10 inspirasi dapur yang pas untuk lahan terbatas. Siapa bilang space mungil bikin dapur nggak bisa dieksplorasi? Yuk simak selengkapnya!

Nyaman dan Hemat Tempat

Lahan terbatas memang memerlukan kreativitas dalam mendesainnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menggabungkan beberapa fungsi ruang dalam satu area. Menggabungkan dapur dengan laundry area seperti di @rumahooga? Kenapa nggak!

Menambah Estetika dengan Backsplash Berwarna

Dinding di bagian belakang kompor dan area persiapan memasak biasa disebut backsplash. Selain dari sisi fungsional, kamu juga bisa ‘bermain’ pada sisi estetiknya. Misalnya kayak @joanjonantha yang memilih pola pemasangan herringbone dengan warna hijau!

Timeless Color Palette

Perpaduan white+wood memang nggak pernah salah. Dapur milik @casademahira memadukan keduanya dengan backsplash keramik putih bentuk persegi panjang atau yang populer dengan istilah subway tiles.

Dapur Kolong Tangga yang Menarik Perhatian

Mau dapur jadi focal point di rumah? Kamu bisa pilih kabinet dengan warna bold, kayak di dapur @omah_rani. Dipadukan dengan warna putih, dapur kolong tangga jadi tetap terlihat light & clean.

Paduan Semen Ekspos yang Maskulin dan Kayu yang Hangat

Semen ekspos biasanya memberi kesan cool dan apa adanya. Dikombinasikan dengan material kayu dan penambahan lampu yang cukup, bikin dapur @rumahtama jadi terlihat lebih hangat.

L‑shaped Kitchen

Sesuai dengan namanya, layout dapur ini menyerupai huruf L. Kalau di dapur @tepian.living, satu sisi difungsikan sebagai area memasak, sementara sisi lainnya sebagai area mencuci.

Memanfaatkan Rak Vertikal

Memaksimalkan dapur mungil nggak melulu harus dengan custom/ built‑in furniture. Kamu bisa juga lho memilih free‑standing furniture, kayak @homamemoo yang pakai rak vertikal untuk tambahan area penyimpanan di dapur.

Warna Putih yang Lapang

Warna putih memang nggak pernah gagal memberi kesan lapang. Dengan konsep open plan dan langit‑langit yang tinggi, area dapur @ruma.rb jadi terlihat lebih lega.

Kombinasi Kabinet Terbuka

Kabinet terbuka bisa memberi kesan ringan dan lapang. @lahouseid mengkombinasikan antara kabinet terbuka dan tertutup sesuai dengan kebutuhannya.

Warna Perangkat Dapur yang Setema

Memilih warna perangkat dapur yang sesuai dengan kitchen set bisa bikin tampilan ruangan terlihat lebih padu. Seperti yang diterapkan @rumah.bayu ini. Salah satu trik untuk kamu yang khawatir ruangan yang terbatas terasa cluttered, nih.

Gimana, sudah kebayang dapur impianmu? Cek juga Instagram Guide @livinglovingnet untuk lihat beberapa inspirasi lainnya, ya!


img

Seringnya menggambar, kadang menulis, dan kadang merajut, menjahit, menyapu, dan berbagai kerajinan lainnya. She enjoys work on ideas for spaces, events, presentations, and even a popping surprise.

RELATED POST

Your email address will not be published.

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.