Cerita-Cerita Membangun Rumah Bersama Arsitek

Sebagai bagian dari Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek, Minggu, 17 Desember 2023 Living Loving diajak untuk mengadakan diskusi santai tentang proses membangun rumah. Di sesi yang dipandu Nike Prima, co-founder & creative director Living Loving, Dhanie Syawalia dan Salman Rimaldhi dari studio desain Dhanie & Sal berbagi cerita seluk-beluk kerjasama antara arsitek dan pemilik rumah.

  

Rumah lebih dari sekedar tempat berteduh dan beristirahat, tapi juga sebagai ruang untuk tumbuh dan menjadi diri sendiri. Makanya proses pembangunannya jadi langkah yang krusial dan penting buat pemiliknya. Di langkah ini waktunya untuk ngobrol, kenalan lagi sama keinginan, kebutuhan, dan preferensi sesama penghuni rumah; sampai memproyeksikan rencana-rencana beberapa tahun ke depan. Proses ini lah yang diceritakan Dhanie dan Salman dari sudut pandang arsitek. Gimana arsitek, sebagai profesional nggak sekedar jadi ‘tukang gambar’ tapi juga menjadi teman diskusi untuk membuat keputusan-keputusan desain supaya tetap sesuai dengan rencana dan kebutuhan.

Sebagai studi kasus, Dhanie dan Salman menceritakan proyek mereka, Nakahome, rumah 2 lantai yang berlokasi di Depok. Dibangun di lahan memanjang, rumah milik keluarga dengan dua anak ini didesain untuk bisa terus beradaptasi seiring perubahan penghuninya. Jadi sejak awal memang sudah direncakan untuk dibangun dalam 2 tahap, yang harapannya bisa diwujudkan sesuai dengan kemampuan finansial pemilik rumah. Meskipun Rizki dan Selly, pemilik Nakahome berhalangan hadir, di sesi kemarin mereka juga ikut sharing via wawancara video. Secara berkala, mereka juga aktif berbagi cerita tentang Nakahome di Instagram @nakahome.story.

What an insightful day! Seneng deh, selain dengar langsung pemaparan dari arsitek, jadi juga dapat diskusi tambahan dari jawaban pertanyaan teman-teman peserta. Terima kasih ya, Ibu Arsitek; kolaborasi bersama Living Loving di Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek!

Berawal dari inisiatif tiga perempuan arsitek, dalam lima tahun terakhir komunitas Ibu Arsitek berkembang menjadi jejaring yang mewadahi perempuan-perempuan arsitek Indonesia untuk saling berkolaborasi. Ibu Arsitek memiliki tujuan yang sederhana, yaitu untuk menjadi rumah yang saling menghubungkan dan mendukung para perempuan yang mencintai dan memilih karir di dunia arsitektur dengan segala tantangan stigma perempuan di dunia kerja, hingga pembagian peran dalam berkarir dan berkeluarga. Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek menjadi perayaan yang menandai perjalanan mereka. Rangkaian acara ini meliputi pameran, diskusi, sampai lokakarya.

Meskipun berbentuk acara komunitas, pamerannya terbuka untuk umum dan bisa kamu kunjungi di Dia.Lo.Gue Artspace sampai 2 Januari 2024, lho! Cari tahu lebih banyak tentang Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek dan Ibu Arsitek di Instagram mereka @ibuarsitek.

Dokumentasi acara dari tim dokumentasi Ibu Arsitek. Foto rumah Nakahome merupakan aset Dhanie & Sal.

Seringnya menggambar, kadang menulis, dan kadang merajut, menjahit, menyapu, dan berbagai kerajinan lainnya. She enjoys work on ideas for spaces, events, presentations, and even a popping surprise.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.