Nyaman di Rumah dengan Dinding yang Aman Segala Cuaca

Cuaca akhir-akhir ini yang sering nggak bercanda. Di Studio Living Loving aja perlu tutup gorden sepanjang hari supaya lebih adem. Cuaca menantang ini juga bikin kita perlu lebih memperhatikan pelapis dinding yang cocok supaya tetap awet. Nah, rumah kamu bisa tetap nyaman dengan cat pelapis dua musim No Drop Anti Panas.

Kalau dibilang rumah jadi tempat berlindung, rasanya pas dengan kondisi cuaca yang akhir-akhir ini challenging. Saat cerah temperaturnya bisa sangat panas; sementara saat hujan, langsung deras dan berangin. Bikin kepikiran juga gimana memilih pelapis dinding yang cocok menghadapi cuaca cukup ekstrem ini.

Selain karena sirkulasi udara atau penataan ruang yang tepat, kenyamanan di dalam rumah saat cuaca menantang juga dipengaruhi oleh pemilihan material bangunan.

Termasuk dalam pemilihan cat pelapis yang fungsinya lebih dari sekadar mempercantik ruangan. Kalau kamu lagi ngulik tentang ini, coba cek produk terpercaya dari Avian Brands satu ini. No Drop Anti Panas, cat pelapis yang punya dua keunggulan sekaligus: memproteksi permukaan dari lembap dan cuaca panas.

Dinding rumah tidak bisa terhindar dari tantangan lembap atau bocor, apalagi di iklim tropis. Penyebabnya bisa dari air hujan, kelembapan permukaan tanah, maupun rembesan dinding tetangga. Karena itu, ada istilah waterproofing yang artinya membuat dinding tetap kokoh dan ‘sehat’, bebas dari jamur serta lumut.

Biasanya, cat pelapis ini diaplikasikan di sisi dinding yang bersentuhan langsung dengan penyebab atau potensi lembap. Seperti di eksterior rumah, atau dinding di dalam kamar mandi. Tapi dengan No Drop Anti Panas, kamu juga bisa melakukan negative  waterproofing, atau menahan kebocoran dari sisi belakang. Jadi tetap efektif kalau kamu aplikasikan di dinding dalam rumah untuk mencegah kebocoran dari luar.

Selain melindungi dari bocor, No Drop Anti Panas juga punya teknologi UV Shield yang bisa merefleksikan sinar matahari. Teknologi yang memungkinkan dinding eksterior menyerap panas lebih sedikit, jadi suhu ruangan bisa lebih sejuk sampai 7°C. Perlindungan ini bisa bertahan sampai 10 tahun, lho. No Drop Anti Panas juga bisa diaplikasikan sebagai cat dasar. Jadi, kalau sudah bosan sama warnanya, bisa ditimpa cat lain tanpa mengurangi kemampuannya menahan lembap dan panas. Dan nggak perlu khawatir, karena lewat teknologi mesin tinting, No Drop Anti Panas punya ratusan warna yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.

Kalau lihat di katalog Ready Mix, ada 10 warna yang tersedia untuk cat No Drop Anti Panas, nih. Kemarin di studio Living Loving, kami coba negative waterproofing dinding kamar mandi menggunakan warna tinting terbaru mereka yaitu Champagne. Cek warna lainnya di katalog produk No Drop Anti Panas, ya.

Kamu juga bisa mempertimbangkan beberapa tips ini supaya rumah tetap nyaman di cuaca menantang.

  • Pilih bentuk atap ‘bertopi’ atau yang memiliki tritisan, untuk menghindari dinding rumah terpapar langsung air hujan maupun sinar matahari.
  • Pilih warna terang pada eksterior sebagai reflektor paparan matahari.
  • Manfaatkan bukaan seperti jendela supaya sirkulasi udara lancar. Sebab, angin juga bisa  mengurangi kelembapan dalam ruangan.
  • Lakukan perawatan dinding dengan reapply cat pelapis sesuai dengan daya tahan.
  • Selain di tembok, lakukan juga proteksi dengan cat pelapis di bagian lainnya, seperti pada atap/genteng dan dak beton.

Seperti manusia yang perlu beradaptasi dengan sekitar, rumah juga perlu merespons lingkungan sekelilingnya supaya bisa jadi hunian yang nyaman dan aman. Termasuk merespons cuaca yang kadang nggak bercanda ini. Jadi, semoga tips ini bisa membantu kamu, ya!

Seringnya menggambar, kadang menulis, dan kadang merajut, menjahit, menyapu, dan berbagai kerajinan lainnya. She enjoys work on ideas for spaces, events, presentations, and even a popping surprise.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.